Memburu Xiaomi Redmi Note Atau Cari Yang Lain?

Beberapa minggu lalu kabarnya Om Hugo Barra kembali berkunjung ke Indonesia. Dan seperti kedatangannya yang lalu, kali ini Hugo kembali memperkenalkan produk terbaru Xiaomi yang akan dipasarkan di Indonesia. Sayangnya, meski banyak orang yang berharap si Om Barra ini bakal mengusung Mi3 atau Mi4, ternyata Hugo malah membawa Xiaomi Redmi Note.

Xiaomi Redmi Note adalah salah satu varian dari Xiaomi yang sepertinya memang diperuntukkan menguasai pasar Android kelas mid-end. Meski baru secara resmi akan dijual di Lazada Indonesia pada 13 November besok, Redmi Note sendiri sebenarnya sudah banyak beredar di pasaran. Ketika saya menemani teman mencari Xiaomi Mi3 di salah satu pusat gadget di Surabaya, kami banyak menjumpai Redmi Note ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note di Indonesia

Kabarnya, ada dua spesifikasi untuk Redmi Note ini. Namun dari informasi yang beredar, serta beberapa produk yang ada di pasaran, Xiaomi Redmi Note yang diperuntukkan bagi pasar Indonesia adalah yang memiliki prosesor delapan ini (octacore) MediaTek MTK 6592 1,7 GHz Cortex-A7. Dengan prosesor yang terbilang lumayan tersebut, kinerja Redmi Note semakin tangguh karena disokong RAM 2GB. Jujur saja, prosesor yang digunakan tidak terlalu menggiurkan untuk saya. Hanya saja masalah RAM, sepertinya 2GB sudah sangat cukup. Ini adalah nilai plus tersendiri.

Spesifikasi Harga handphoe xiaomi Redmi Note

Beralih ke layar. Xiaomi Redmi Note mengusung layar luas 5.5 inchi IPS Display yang dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3 One Glass System. Jadi rasanya cukup aman kalau dimasukkan ke tas dan ‘bertemu’ dengan bolpoint atau powerbank. Dan untuk sebuah handphone, ukuran 5.5 inchi itu rasanya sangat mumpuni untuk memenuhi kebutuhan bersosial media, internet, nonton video, baca ebook hingga main game. Tapi juga terlalu besar untuk bisa dikantongi. Sony Xperia SP yang saya gunakan hanya berukuran 4.7 inchi, dan itu rasanya sudah cukup besar untuk kantong celana jeans!

Berlanjut ke kamera, sudah menjadi standar kalau smartphone sekarang ada kamera depan dan juga kamera belakang. Di Redmi Note ini, kamera belakang memiliki resolusi 13MP dengan aperture 2.2 dan focal length 28mm. Agak tekhnis ya? Intinya, kameranya cukup bagus untuk kelas sebuah handphone. Dan dari salah satu review yang saya baca (review Redmi Note by Matriphe), kamera belakang ini punya hasil yang cukup memuaskan. Sementara untuk kamera depan berkekuatan 5MP dengan hasil yang juga cukup mengesankan. Rasanya sangat cocok untuk yang suka selfie dan manyun di depan hape.

Untuk spesifikasi lainnya yang mungkin cukup penting, Xiaomi Redmi Note memiliki fitur dual sim. SIM 1 berada di jaringan WCDMA (HSDPA), sementara SIM2 hanya berada di jaringan GSM saja. Selain itu kapasitas penyimpanan internal 8GB yang harusnya cukup lega. Sayangnya, saya belum dapat informasi tentang kapasitas yang tersedia untuk dapat digunakan. Jika kurang, untungnya masih ada slot microSD yang dapat anda tambahkan hingga kapasitas 32GB. Soal hasil Antutu, entah kenapa saya tidak terlalu memperhatikan hal ini kalau lagi cari handphone. Tapi jika dirasa penting, dari review yang saya baca tadi hasil Antutu-nya mencapai 31ribuan.

Harga Xiaomi Redmi Note di Indonesia

Dalam beberapa bulan belakangan, Xiaomi Redmi Note banyak beredar di beberapa toko online, lapak jual beli forum dan juga beberapa toko di pusat belanja handphone. Harganya saat itu berkisar di antara 2.3jutaan sampai 2.6 jutaan. Namun kedatangan Hugo Barra untuk meresmikan masukan Redmi Note yang diusung langsung Xiaomi sepertinya membawa angin segar untuk yang sedang menunggu handphone ini. Kabarnya, harga Xiaomi Redmi Note di Indonesia adalah 1.999juta rupiah. Namun tentu saja, untuk dapat harga segitu maka anda harus ikut berebut di event flash sale Lazada!

Dengan harga yang cukup murah, spesifikasi yang ditawarkan Redmi Note sebenarnya cukup menawan. Rasanya untuk perbandingan, pilihan lainnya ada di Himax Polymer Octa atau ASUS Zenfone 5 2GB. Itupun rasanya masih kurang mumpuni untuk melawan Redmi Note. Sayangnya saya agak kurang sreg sama dual-SIM yang terdapat di Redmi Note tersebut. Mubazir nggak terpakai. Jadi, dengan harga kurang dari 2 juta, apakah layak untuk berebut flash sale, atau mencari opsi lainnya?


Tulisan Lainnya

Oneplus X Resmi Diperkenalkan Di Indonesia Hari Kamis tanggal 29 Oktober 2015 lalu, Oneplus akhirnya secara resmi menggelar event peluncuran ponsel terbaru mereka yaitu Oneplus X. Hal ini mungk...
Lenovo A7000, Phablet 4G Harga Kurang Dari 2 Jutaa... Hape android Lenovo A6000 yang diluncurkan di Indonesia beberapa waktu lalu rupanya menuai sukses yang lumayan besar. Buktinya gadget tersebut banyak ...
Cara Mendapatkan Uang Bermodal HP Android dan Inte... Punya smartphone android berarti punya akses ke internet dan berbagai kemudahan yang didukung ragam aplikasi. Kita bisa membaca materi kuliah, mengaks...
Memilih Action Cam Murah Terbaik Belakangan, eksistensi ponsel atau smartphone dengan tongsisnya untuk digunakan sebagai perangkat selfie mulai mendapat saingan. Siapa lagi pesaing te...

One Response

Leave a Reply