Membandingkan Xiaomi Note dan Himax Polymer Octa

Untuk orang yang senang memburu ponsel murah dengan spek gahar, pasti lagi demen dengan yang namanya prosesor delapan inti atau octa-core. Memang belum banyak pabrikan ponsel yang mengeluarkan handheld dengan spek tersebut. Alasannya menurut saya sederhana, yang pertama adalah saat ini quad-core masih optimal untuk teknologi android. Apalagi jika quad-core dengan prosesor kelas atas berteknologi yahud macam krait. Yang kedua, penggunaan prosesor octa-core bisa membuat sebuah hape jadi memiliki harga yang tinggi. Wajar kan, yang dual core dari brand penguasa pasar saja harganya sudah lumayan bikin puasa.

Tapi ternyata ada beberapa handphone yang layak jadi sorotan untuk kamu yang lagi mencari handphone android octa-core dengan budget terbatas. Mereka berdua adalah Xiaomi Redmi Note 3G dan Himax Polymer Octa. Keduanya sama-sama menggunakan prosesor MediaTek Octa-core MT6592 1.7GHz dan dibanderol dengan harga yang sama pula. Lalu, mana diantara keduanya yang lebih baik?

Perbandingan redmi note dan himax polymer octa

Xiaomi Redmi Note Vs Himax Polymer Octa

Desain
Dari segi desain, menurut saya ini tergantung selera. Untuk yang ingin ponsel layar luas, Redmi Note jelas unggul dengan layar 5.5 inchi dibanding Himax Octa yang mengusung layar 5 inchi. Untuk ketajaman gambar, kedua ponsel memiliki resolusi yang sama yaitu 1280 x 720 piksel. Namun Himax rasanya lebih baik karena memiliki ketajaman hingga 297 ppi, sementara Redmi Note 267 ppi. Yang masih diragukan adalah mengenai pelindung pada layar. Himax secara terang-terangan sudah menggunakan Gorilla Glass 2. Sementara meski Redmi Note diklaim Hugo Barra sudah mengusung Gorilla Glass 3, tapi beberapa pengguna justru meragukan hal tersebut.

Spesifikasi
Kedua ponsel sama-sama menggunakan chipset MediaTek MT6592 Real Octa-core 1.7GHz, Mali 450 dan RAM 2GB. Tak hanya itu, keduanya juga sama-sama memiliki kapasitas penyimpanan internal 8GB dan suport penyimpanan eksternal hingga 32GB. Bedanya ada pada kapasitas baterai, Himax Octa mengusung removable Li-Ion 2500mAh. Sementara Redmi Note mengusung removable Li-Po 3200 mAh. Dengan spesifikasi tersebut, seharusnya performa juga tidak akan jauh berbeda. Dari beberapa review pengguna, disebutkan bahwa skor Antutu Redmi Note berada di kisaran 30ribuan, sementara Himax Polymer Octa Core berada di kisaran 26 ribuan. Tapi, saya bukan orang yang menyerahkan penilaian kinerja ponsel hanya dari skor Antutu kok.

Spesifikasi lain yang mungkin perlu diperhatikan adalah kamera. Kedua ponsel memiliki kamera primer 13MP dan kamera 5MP di bagian depan. Hanya saja, Himax rasanya lebih ‘menjual’ kalau soal kamera karena disebut-sebut menggunakan sensor kamera keluaran Sony. Sayangnya, kamera Sony Xperia SP yang saya gunakan justru mengecewakan. Jadi, saya akan anggap kedua kamera ponsel ini sama saja.

Untuk sistem operasi, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Himax jelas lebih unggul soal OS terkini karena sudah mengusung KitKat 4.4.2. Sementara Redmi Note masih berada di 4.2. yang dikabarkan akan mendapat 4.4 (atau malah Lollipop?) dalam waktu dekat. Tapi user interface MIUI yang cukup memiliki nama di dunia Android menjadi keunggulan tersendiri pada Redmi Note.

Aksesoris dan Paket Penjualan
Dari harga, tentu tidak perlu dibandingkan karena harga resmi keduanya adalah 2 juta rupiah kurang sedikit. Namun yang perlu dibandingkan adalah paket penjualan yang kita dapatkan. Dari postingan tentang Xiaomi Redmi Note terdahulu, pernah saya tuliskan bahwa pada paket penjualannya Xiaomi tidak menyertakan handsfree atau earphone. Sementara Himax sudah menyertakan 1 buah earphone polymer dalam box penjualannya.

Sayangnya, sebagai produk dari China yang terkenal dengan produktifitasnya, Xiaomi diunggulkan dengan bertaburnya aksesoris Redmi Note di pasaran. Mulai dari softcase, hardcase, backcase, alumunium case, tempered glass sampai perintilan lainnya. Sementara Himax Polymer Octacore sebagai pemain lokal justru cukup terbatas untuk aksesorisnya. Rasanya cukup wajar, mengingat penjualannya juga dilakukan dengan eksklusif.

Dari kelebihan dan kekurangan yang ada diatas, rasanya kedua ponsel ini memiliki spesifikasi dan kemampuan yang tidak terlalu jauh berbeda. Sekarang kembali ke selera masing-masing saja. Mau Xiaomi Redmi Note yang sedang naik daun, atau Himax Polymer Octa yang digadang-gadang sebagai brand lokal spesifikasi gahar?

Related Articles

3 thoughts on “Membandingkan Xiaomi Note dan Himax Polymer Octa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *