Melirik Ponsel Premium SAMSUNG S6 Dan S6 Edge

Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 8 Mei 2015, SAMSUNG akhirnya secara resmi merilis ponsel kelas premium mereka yang sangat menghebohkan itu untuk pasar Indonesia. Kenapa saya bilang heboh, karena saat ponsel ini diperkenalkan, tak sedikit media-media dan berbagai blog tekno menganggap kalau ponsel ini menjadi ponsel kelas premium terbaik yang ada saat ini. Wow, saya jadi penasaran, apa sih yang bikin kedua ponsel ini disebut sebagai ponsel terbaik. Dari rasa penasaran tersebut, akhirnya saya mulai mencari-cari informasi terkait ponsel terbaru SAMSUNG ini.

Setelah mencari tahu ke berbagai media, SAMSUNG ternyata memperkenalkan dua varian terbaru hape Android mereka saat peluncuran di Grand Indonesia – Jakarta dan SUNPlaza – Medan kemarin. Yang pertama adalah SAMSUNG S6 dan yang satu lagi SAMSUNG S6 edge. Hal pertama yang saya lihat dari kedua ponsel tersebut adalah harganya yang membuat saya terpana. Sungguh, wajar rasanya kalau ponsel ini disebut sebagai ponsel kelas premium. Banderol harga yang menempel pada kedua ponsel tersebut jelas jauh diatas kemampuan saya. Tapi saya yakin, bukan tanpa alasan SAMSUNG membanderol ponsel ini dengan harga yang cukup tinggi.

Samsung S6 dan S6 edge Banner

Spesifikasi Ponsel SAMSUNG S6 dan S6 Edge

Desain, Layar dan Display
Hal berikutnya yang saya lihat adalah spesifikasi hardware dari ponsel tersebut. Yang pertama terlihat adalah, keduanya memiliki desain yang mungkin bisa dibilang, sangat SAMSUNG sekali, namun dengan tambahan penampilan yang sangat berkelas dan premium. Apalagi untuk versi S6 Edge, kedua sisi layar yang didesain melengkung membuat ponsel ini tampil sangat berbeda dari ponsel yang pernah ada di pasaran. Dan tak cuma sekedar penampilan, layar yang terletak di bagian sisi ponsel S6 Edge ini juga ternyata dapat dioperasikan seperti layar utama namun dengan berbagai fitur tambahan, yang mungkin hanya ada di seri SAMSUNG S6 Edge ini.

Untuk layar sendiri, kedua ponsel ini menggunakan layar berjenis Super AMOLED dengan ukuran 5.1 inchi. Ukuran tersebut rasanya sangat pas untuk saya, tidak terlalu besar, masih nyaman digenggam atau juga dimasukkan ke saku celana. Kualitas layar sendiri langsung terlihat dengan penggunaan resolusi 2560 x 1440 piksel serta kerapatan 557 ppi. Dengan spesifikasi tersebut, rasanya layar ponsel ini akan memberikan tampilan yang sangat tajam serta memiliki kontras yang baik. Tak hanya mementingkan keindahan, SAMSUNG juga sudah menggunakan teknologi perlindungan terbaru Corning Gorilla Glass 4 untuk menjaga layar ponsel agar tidak mudah tergores. Untuk informasi saja, hingga saat ini belum banyak ponsel yang menggunakan Corning Gorilla Glass 4 sebagai perlindungan layar mereka. Mungkin SAMSUNG S6 dan S6 Edge adalah salah satu yang menjadi pelopor!

Hardware dan Software
Tak cuma sektor penampilan yang menjadikan ponsel ini disebut sebagai kelas premium. SAMSUNG juga menyematkan teknologi mobile terbaik yang ada saat ini ke dalam kedua ponsel terbaru mereka ini. Yang pertama, kedua ponsel ini sudah menggunakan prosesor 64 bit octa-core (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57) dengan chipset Exynos 7420. Untuk yang belum tahun, Exynos adalah chipset yang dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan SAMSUNG. Saat ini, prosesor dengan chipset SAMSUNG Exynos 7420 merupakan prosesor tercepat yang ada di dunia. Amazing deh!

Nah, untuk mendukung kinerja prosesor kelas atas tersebut, disematkan pula RAM dengan kapasitas yang sangat lega yaitu 3 GB. Selain itu, tak lupa pula disematkan chipset graphis (GPU) Mali-T760 untuk membantu SAMSUNG S6 dan S6 Edge dalam merender dan memberikan tampilan grafis yang lebih baik. Dengan spesifikasi tersebut, maka saya yakin tidak ada game yang tidak dapat berjalan mulus di kedua ponsel ini. Walaupun game sekelas HD sekalipun, rasanya bukan masalah bagi kedua ponsel SAMSUNG tersebut dengan spesifikasi yang dimilikinya.

Dari sektor software, SAMSUNG S6 dan S6 Edge juga sudah mengusung sistem operasi terbaru Android versi v5.0.2 Lollipop. Meski untuk yang awam sekalipun, ponsel ini tentu tidak akan sulit digunakan karena SAMSUNG juga menyematkan TouchWiz UI sebagai antar muka khas SAMSUNG yang terkenal sangat mudah dipelajari dan juga digunakan.

Banner Promosi Samsung S6 dan S6 Edge

Fitur-Fitur Yang Mengagumkan
Bicara tentang smartphone atau ponsel pintar, maka kita harus memperhatikan pula fitur apa saja yang ditawarkan sehingga ponsel tersebut disebut ‘pintar’. Maka dari itu, saya langsung melirik fitur-fitur terbaru yang mungkin hanya ada di ponsel terbaru SAMSUNG S6 dan S6 Edge ini. Dari sini saya menemukan beberapa fitur yang menurut saya sangat menarik. Diantaranya adalah :

  • Ponsel SAMSUNG S6 dan S6 Edge ini memiliki fitur keamanan terbaik, yaitu penggunaan finger scan security dan dipadukan dengan teknologi keamanan SAMSUNG Knox. Untuk informasi saja, kabarnya fitur keamanan Knox ini adalah fitur yang terintegrasi secara penuh untuk menjaga kemanan ponsel anda dari virus atau mallware yang bisa datang dari browser, aplikasi atau celah lainnya. Fitur ini sendiri dikembangkan oleh SAMSUNG bersama dengan National Security Agency (NSA) dan sudah mendapat pengakuan dari Pentagon. Wow!!!
  • Daya tahan baterai  kedua ponsel ini diklaim memuaskan. Tapi tak cuma sampai disitu, ponsel premium ini sama-sama memiliki kemampuan wireless charging dan juga ultra-fast charging. Menurut klaim SAMSUNG, dengan men-charge ponsel ini sekitar 10 menit, maka baterai akan terisi dengan kapasitas yang cukup untuk digunakan hingga 4 jam!
  • Oh iya hampir ketinggalan nih. Kedua ponsel ini juga sudah memiliki konektifitas untuk berjalan di jaringan internet super cepat LTE 4G. Saat ini, operator-operator di Indonesia sedang berlomba-lomba untuk mengoperasikan jaringan 4G terbaik mereka loh. Jadi, ponsel dari SAMSUNG ini juga sudah siap untuk diajak berselancar di jaringan super cepat tersebut!
  • Dan terakhir, dari beberapa review blog ataupun video, SAMSUNG S6 dan S6 Edge ini ternyata memiliki build quality yang cukup tangguh dan juga kokoh!!

Sampai titik ini, mungkin saya semakin yakin kalau ponsel ini merupakan ponsel terbaik yang ada di pasaran. Tak hanya dari segi penampilan dan desain, namun juga spesifikasi hardware yang dimiliki plus fitur-fitur yang disediakan memang membuat ponsel ini layak disebut sebagai ponsel Android kelas SATU!

sumber gambar : samsung.com

Ponsel Premium Dengan Kamera Ponsel Terbaik

Mencari ponsel untuk kebutuhan sekarang, rasanya kamera menjadi salah satu unsur yang harus dibahas secara tersendiri. Kalau dahulu kamu selalu berfikir kalau kamera dengan resolusi megapiksel yang terbesar adalah yang terbaik, maka selama ini kamu sudah salah besar. Megapiksel hanyalah memberikan ukuran resolusi foto yang dihasilkan, semakin besar megapikselnya maka semakin besar pula foto yang kita peroleh. Tapi itu bukan berarti hasil fotonya akan tajam, memiliki kontras yang baik atau juga memiliki warna yang memuaskan!

SAMSUNG sepertinya sukses menyatukan semua unsur untuk menciptakan kamera ponsel terbaik bagi SAMSUNG S6 dan S6 Edge. Salah satunya adalah penggunaan kamera berkekuatan 16 MP yang dipadukan dengan sensor CMOS yang lebih lebar. Dengan perpaduan tersebut, maka kamera ponsel ini akan memproduksi foto dengan kualitas yang lebih jernih, minim noise meski foto diambil dalam kondisi low-light (kurang cahaya) serta menghasilkan kontras warna yang cerah. Tak cukup sampai disitu, SAMSUNG juga menyematkan lensa dengan diafragma f1.9 yang dipadukan dengan teknologi Optical Image Stabilization (OIS). Dengan perpaduan tersebut, maka bisa dipastikan kamera akan lebih cepat fokus pada objek yang akan difoto dan gambar yang dihasilkan juga akan lebih tajam plus. Untuk anda yang sering merasa kesal karena sering menghasilkan foto yang buram akibat getaran saat mengambil foto, maka teknologi atau fitur OIS akan membantu anda menstabilkan dan meminimalisir goncangan pada lensa. Sehingga foto yang dihasilkan akan lebih stabil dan fokus pada objek. Selain itu, diafragma yang besar tersebut sangat mearik buat saya karena saya yakin kamera ini jadi memiliki kemampuan untuk menciptakan bokeh yang creamy. Kamera ponsel dengan bokeh creamy? Yummy!

Kualitas Kamera Samsung S6 dan Edge

Enggak cukup sampai disitu, kamera utama pada ponsel SAMSUNG S6 dan S6 Edge ini juga dapat digunakan untuk merekam video pada resolusi maksimal 2160p dengan kecepatan 30fps. Tapi, jika resolusinya diturunkan menjadi 720p maka kita akan memperoleh kecepatan framerate sekitara 120fps. Dengan kecepatan tersebut, saya sangat tertarik untuk bisa mencoba membuat video slowmotion!

Anyway, kecanggihan fitur-fitur kamera tersebut enggak cuma tersemat di kamera bagian belakang. Meski resolusinya hanya 5 MP, namun kamera depan SAMSUNG S6 dan S6 Edge juga memiliki fitur-fitur yang juga tak kalah dengan kamera utama. Ditambah lagi, kamera ini sudah mendapatkan tambahan wide-angel 1.4x dibandingkan versi sebelumnya. Jadi, untuk kamu yang suka selfie, makin asik deh ber-selfie ria sama teman-teman tanpa harus takut enggak masuk dalam frame foto yang diambil!

Melihat spesifikasi kedua ponsel kelas premium SAMSUNG ini, rasanya harga yang dibanderol untuk kedua ponsel ini merupakan harga menjadi hal yang wajar. Bahkan mungkin bisa dibilang jadi tak terlalu mahal. Tak hanya menawarkan tampilan yang stylish dan bergengsi, SAMSUNG S6 dan S6 Edge juga menawarkan ponsel dengan kemampuan terbaik yang pernah ada. Handphone dengan prosesor tercepat di dunia, kamera ponsel terbaik yang pernah ada plus nama besar SAMSUNG yang menjamin kalau kedua ponsel ini memiliki garansi dan layanan service center kelas satu. Rasanya, tak salah jika saya bilang kalau SAMSUNG S6 dan S6 Edge telah berhasil mempertemukan keindahan desain serta kekuatan teknologi, dan menjadikan kedua ponsel tersebut sebagai ponsel terbaik yang pernah ada!

Tulisan Lainnya

Samsung Galaxy S5 Tahan Debu dan Air? Samsung mungkin saat ini bisa dibilang sedang menikmati masa kejayaannya. Produk android keluaran pabrikan asal Korea Selatan ini sudah membanjiri pas...
Xiaomi Datangkan Redmi 2 dan Mi Pad Ke Indonesia Tanggal 1 April 2015 kemarin, Xiaomi akhirnya secara resmi memperkenalkan dua produk terbaru mereka yang akan dipasarkan di Indonesia. Kedua produk te...
Membandingkan Xiaomi Note dan Himax Polymer Octa Untuk orang yang senang memburu ponsel murah dengan spek gahar, pasti lagi demen dengan yang namanya prosesor delapan inti atau octa-core. Memang belu...
BlackBerry Messenger Untuk iPhone dan Android "BBM for iOS and Android to Launch This Summer" Headline press release dari situs resmi BlackBerry itu bener - bener bikin gempar penggila teknologi....

3 Comments

  1. Hartanty

Leave a Reply