Laptop Untuk Bermain Game, Haruskah Pilih Yang Tipe ‘Gaming’?

Untuk yang suka main game PC dan mengikuti teknologi, pasti enggak asing dengan yang namanya gaming laptop. Bahkan buat sebagian besar PC Gamers, gaming laptop merupakan sesuatu hal yang sangat diidamkan.

Apa Itu Gaming Laptop?
Sebenarnya buat saya pribadi agak susah menjelaskan definisi gaming laptop. Tapi dari namanya, sudah jelas bahwa gaming laptop adalah laptop atau notebook yang didesain secara khusus oleh produsen untuk keperluan bermain game. Maksudnya didesain secara khusus adalah dari sisi tampilan dan juga spesifikasi hardware yang digunakan.

Lalu Apa Bedanya Dengan Laptop Biasa?
Dari segi fungsi, enggak ada perbedaan antara laptop biasa dan juga gaming laptop. Hanya saja memang tidak semua laptop memiliki spesifikasi mumpuni untuk menjalankan game-game dengan kebutuhan khusus. Apalagi game-game terbaru sekarang yang menuntut spek hardware gila-gilaan.

Laptop yang tidak memiliki embel-embel ‘gaming’ sebenarnya bisa saja kok dibuat untuk bermain game. Hanya saja spesifikasi kebutuhan dari game itu sendiri yang perlu diperhatikan. Kalau sekedar game pop-caps atau solitaire, rasanya hampir semua laptop bisa kok.

Mengapa Harga Gaming Laptop Mahal?

Ada beberapa alasan yang membuat laptop khusus gaming ini dibanderol dengan harga mahal. Mungkin diantaranya adalah sebagai berikut.

#1 Memiliki Spesifikasi Hardware Tinggi
Untuk dapat menjalankan game terbaru, komputer atau laptop dituntut memiliki spesifikasi hardware yang cukup tinggi. Contohnya saja prosesor multi core sekelas Intel i5, VGA dengan memori 2 GB atau lebih, RAM 8 GB dan lainnya. Itu belum termasuk membahas kelas-kelas VGA yang digunakan, layar, keyboard dan lainnya.

#2 Teknologi Terkini
Semakin baru teknologi yang digunakan, sudah pasti semakin mahal pula harga laptop tersebut. Hal ini biasanya berkaitan dengan teknologi komponen hardware laptop tersebut. Contohnya saja laptop gaming dengan prosesor Intel i7 seri 6 Skylake bisa jadi lebih murah dari laptop gaming yang mengusung Intel seri 7 Kabylake yang baru saja diluncurkan. Belum lagi ditambah teknologi VGA, SSD, keyboard mecha yang disematkan. Jadi jangan heran kalau ada gaming laptop dengan teknologi serba kekinian dibanderol seharga mobil LCGC!

#3 Merk Terkenal
Rasanya ini sudah jadi hal yang dimaklumi bahwa harga barang terkadang dipengaruhi oleh nama besar dari produsen barang tersebut. Meski memiliki spesifikasi yang sama, gaming laptop yang diproduksi oleh perusahaan ternama pasti memiliki harga jual yang lebih mahal. Dan hal ini biasanya berpengaruh pula pada sisi prestisius penggunanya!

Laptop Gaming Paling Mahal ASUS ROG GX800
ASUS ROG GX800, Laptop Gaming Seharga Mobil!

Mau Beli Gaming Laptop, Apa Yang Harus Diperhatikan?

Saya sendiri agak kurang suka bermain game di laptop. Mungkin karena sudah terbiasa bermain game di PC. Tapi kalau kamu sedang mencari gaming laptop yang cocok, mungkin beberapa hal ini bisa jadi pertimbangan penting!

Berapa Budget Kamu?
Harga laptop dengan label gaming yang saya ketahui berada di kisaran 10 jutaan hingga 100 juta rupiah. Jadi sebelum kamu mulai mencari, pastikan kamu memiliki batas budget maksimal untuk membeli laptop tersebut. Kalau enggak dibatasi, maka kamu akan terkena virus khilaf. Ini dikarenakan dari laptop yang satu ke laptop lainnya akan memiliki selisih harga yang terlihat sedikit. Tanpa kamu sadar, kamu akan terus bergeser sedikit demi sedikit, dan tahu-tahu kamu sudah jatuh cinta sama laptop yang harganya 2 kali lipat dari budget awal kamu!

Untuk Main Game Apa?
Nah ini adalah pertanyaan besar yang perlu kamu jawab sebelum mulai berburu. Kamu butuh gaming laptop untuk main game apa. Apakah game terbaru dengan spesifikasi tinggi, atau game-game casual untuk mengusir rasa bosan saja?

Kalau kamu adalah hardcore gamers yang selalu memainkan game terbaru, maka kamu butuh budget tinggi untuk mengincar laptop dengan spesifikasi tinggi pula. Tapi kalau cuma casual gaming, kamu tidak perlu beli laptop yang khusus gaming. Kamu bisa lirik laptop-laptop biasa yang juga memiliki spesifikasi lumayan.

Apa Kamu Butuh Brand?
Untuk beberapa orang, brand atau merk itu penting untuk kebanggaan. Sebagian lagi memilih merk tertentu karena kebetulan sudah kepincut dan selalu pakai merk tersebut. Tapi balik lagi ke atas, merk terkenal itu biasanya mahal. Kalau kamu lebih mementingkan spesifikasi dan kemampuan, ada baiknya mulai mempertimbangkan brand gaming laptop yang tidak terlalu wah namun tetap berkualitas.

Bagaimana Dengan Portability?
Alasan orang memilih gaming laptop biasanya biar mudah dibawa kemana-mana. Jadi perhatikan pula ukuran laptop, layar, berat dan kelengkapan dari laptop incaran kamu itu. Menurut saya agak disayangkan saja kalau kamu membeli gaming laptop, tapi lebih sering digunakan di dalam kamar saja. Sepertinya sih lebih efisien kalau merakit komputer gaming saja sekalian.

Nah, dari sedikit tulisan di atas, semoga cukup memberikan penjelasan tentang apa itu gaming laptop. Kalau kamu butuh lebih banyak informasi, artikel dan tips tentang laptop gaming, kamu bisa meluncur langsung ke sini : More Gaming Laptops.

Semoga bermanfaat. Kalau ada yang salah, kurang tepat atau mau sharing tentang laptop dan laptop gaming, tulis di kolom komentar ya.

Related Articles

3 thoughts on “Laptop Untuk Bermain Game, Haruskah Pilih Yang Tipe ‘Gaming’?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *