Kuliner Surabaya: Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih

Kalau lagi berkunjung ke Surabaya, maka jangan lupa untuk berkunjung ke salah satu tempat kuliner yang satu ini. Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih ini mungkin bisa dibilang sebagai salah satu tempat kuliner yang wajib dikunjungi di Surabaya. Letaknya terletak di JL Walikota Mustajab, Surabaya. Enggak sulit menemukannya, kalau dari arah Kantor Walikota, sekitar 500m dia ada di sebelah kiri. Jangan berfikir lokasinya seperti restoran besar. Bentuknya sederhana 1 kios kecil. Namun begitu, Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih ini selalu ramai pengunjung.

Sate Klopo Ondomohen Surabaya

Seperti namanya, menu yang dihidangkan di tempat makan ini adalah sate kelapa. Tapi bukan kelapa yang dipanggang, melainkan tetap menggunakan daging yang dibalut dengan bumbu-bumbu dan juga parutan kelapa baru dibakar. Dagingnya sendiri sejauh yang saya tahu dan pernah coba adalah daging sapi dan daging ayam. Namun katanya selain itu, ada pula menu sate usus, sumsum dan jeroan. Tapi saya belum pernah mencoba menu-menu tersebut. Baru sapi dan ayam saja.

Dalam satu porsi sate sapi kita akan dihidangkan 10 tusuk sate daging sapi yang terbalut bumbu kelapa. Sate ini tentu saja dihidangkan dengan bumbu kacang dan beberapa butir cabai yang bisa dihancurkan bareng bumbunya kalau suka pedas. Atau kalau mau, langsung digigit juga cabainya boleh kok. Untuk yang memesan dengan satu porsi nasi hangat, akan dihidangkan nasi dengan taburan serundeng yang menambah rasa gurih.

Kuliner Surabaya Sate Klopo Ibu Asih

Favorit saya sendiri memang sate daging sapinya. Kalau sate daging ayam, saya malah jarang pesan. Untuk sate daging sapi ini menurut saya dagingnya cukup lembut, tidak terlalu alot dan rasanya manis. Satu porsi sate daging sapi ditambah dengan satu porsi nasi hangat cukup untuk membuat saya kenyang. Irisan dagingnya lumayan besar-besar. Bumbu kacangnya menurut saya agak kental, tapi tetap enak kok. Karena suka pedas, maka sebelum saya mulai makan biasanya saya akan mengaduk bumbu kacang tersebut dengan beberapa butir cabe pedas yang disertakan. Rasanya mantap!!!

Soal harga, jujur saya kurang tahu harga pastinya. Namun untuk satu porsi sate klopo daging sapi ditambah dengan satu porsi nasi dan teh botol, maka biasanya saya membayar di harga 30 ribuan (lebih kurangnya 2 ribu rupiah). Cukup murah menurut saya kalau melihat porsi dan rasa yang dihidangkan.

Resep Sate Kelapa Surabaya

Namun ada hal yang saya kurang sukai kalau mau makan di Sate Klopo Ondomohen ini. Dari jam makan siang hingga jam makan malam, tempat makan ini tak pernah sepi dari pengunjung. Jadi kalau ke sini ya harus mau berdempetan, atau bersabar menunggu ada yang sudah selesai makan. Tapi tenang saja, tetap direkomendasikan kok karena rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau itu.

Tulisan Lainnya

Mencicipi Minum Kopi Kekinian Di EL’S Coffee... El's Coffee - Meski bukan penikmat kopi sejati, atau kalau bahasa teman saya itu pecinta kopi, tapi saya adalah orang yang dapat memilih mana kopi yan...
Menikmati Kopi Asli Indonesia Di Tanamera Coffee Jujur saja, saya bukan coffee enthusiast. Tapi lebih ke arah suka dengan aroma harumnya, suka rasa pahit dan manisnya. Yah kadang minum kopi juga buat...
Martabak Bangka 235, Favorit Keluarga Mungkin nama makanan yang satu ini ada sudah terkenal dimana - mana, variannya juga bermacam - macam. Ada yang martabak mesir, india, telor, manis dan...
Kuliner Surabaya – Bebek Palupi Rungkut Review Kuliner - Kemarin saya pernah menuliskan warung makan khas kuliner bebek yang baru membuka cabangnya di Bandar Lampung. Memang ada banyak refer...

Leave a Reply

badge