Kue Keju Renyah Untuk Latih Gigi Anak Mengunyah

Waktu si kecil berusia hampir satu tahun dan giginya mulai tumbuh, istri saya mulai rajin untuk mencari artikel dan informasi tentang melatih anak mengunyah. Tujuannya adalah untuk mengenalkan anak dengan makanan yang memiliki tekstur agak keras, karena sebelumnya anak selalu makan makanan yang lembut dan cenderung lembek.

Salah satu tips dari beberapa dokter dan artikel anak adalah dengan memberikan anak cookies atau kue yang memiliki tekstur agak padat namun mudah hancur. Sehingga anak dapat menggunakan gigi mereka yang masih baru untuk menggigit dan mengunyah kue tersebut. Oleh karena itu, sang bunda akhirnya membuat kue keju yang resepnya juga didapat dari internet. Agak mirip kastengel, tapi teksturnya lebih lembut dan untuk orang dewasa, saya merasa kue ini agak cepat lumer di mulut. Jadi rasanya kue keju ini cocok untuk anak yang baru belajar mengunyah.

resep finger food kue keju bayi

Resep Kue Keju Untuk Anak

Bahan yang dibutuhkan,

  • 175 gram tepung terigu
  • 75 gram mentega
  • 120 gram keju parut jenis cheddar
  • 1 butir telur ayam kampung

Cara membuat kue keju anak
Campurkan tepung terigu dengan mentega lalu aduk hingga menjadi butiran kecil. Sekedar tambahan, istri saya menggunakan mentega tanpa garam, kalau tak salah unsalted butter. Alasannya dikarenakan si kecil sebisa mungkin dihindari mengkonsumsi garam.

Selanjutnya, masukkan taburan keju dan telur ayam kampung yang sudah dikocok lepas. Jangan lupa sisakan sedikit telur untuk olesan kue saat dipanggang. Kemudian aduk hingga kalis dan dapat dibentuk.

Jika sudah kalis, maka tipiskan adonan lalu potong dengan bentuk seperti kastangel. Mungkin sekitar panjang 4 atau 5 cm dan lebar 1 cm. Setelah itu oleskan telur dan taruh parutan keju di atasnya. Kemudian panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat selama kurang lebih 20 menit. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Kue keju renyah untuk si kecil siap dihidangkan.

Sedikit tips, saat menipiskan adonan, istri saya agak kesulitan menemukan ketebalan yang pas agar kue tidak menjadi terlalu lembek atau terlalu keras. Maka dari itu, lakukan beberapa kali percobaan untuk mendapat tingkat renyah yang pas dan disukai si kecil. Jadi jangan langsung membentuk dengan ketebalan yang sama dalam jumlah banyak.

Semoga bermanfaat!

p.s. gambar hanya ilustrasi saja. Waktu membuat, saya tidak sempat mengambil foto. Terima kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *