Honda BR-V, Compact SUV Baru Pesaing Terios-Rush?

Di awal tahun 2015 lalu sebenarnya sudah santer terdengar kalau Honda sedang merancang produk baru mereka. Produk ini kabarnya merupakan pengembangan dari Honda Brio yang saat itu memang sedang ramai-ramainya diminati. Meski dikabarkan akan berbentuk 7 seater low-MPV yang mengincar pasar Avanza dan kawan-kawan, namun dalam perkenalan desain awal bentuk yang muncul justru 7 seater dengan keluarga compact SUV yang akan diberi nama Honda BR-V.

Dan dalam event otomotif tahunan skala internasional beberapa waktu lalu, Honda akhirnya secara resmi memperkenalkan mobil terbaru mereka tersebut. Tidak ada yang berubah dari nama yang sudah diperkenalkan. Mobil yang muncul dengan kategori 7 seater compact-SUV tersebut benar dirilis dengan nama Honda BR-V. Tapi menurut saya ada yang menarik dari tampilannya. Dilihat kasat mata, mobil ini memang mirip dengan BR-V atau lebih tepat kalau mirip Mobilio. Hanya saja seperti didesain lebih ‘gemuk’ dan lebih tinggi.

Harga Mobil Honda BR-V Terbaru

Meski begitu, pihak Honda pasti akan dengan tegas menyangkal kalau Honda BR-V adalah Mobilio yang sedikit didandani. Aura Mobilio memang terasa cukup kental jika melihat mobil ini. Tapi dari beberapa segi, tampak garis-garis desain tampil lebih kokoh dan tegas. Contohnya saja bagian depan yang terlihat lebih kotak dan pada bagian belakang didesain lebih berisi. Jujur saja, menurut saya pola desain BR-V malah mendekati desain compat-SUV pada umumnya yang sudah ada di pasaran. Hanya tampil dengan sedikit lebih mewah saja.

Sektor mesin sendiri sepertinya tidak ada perubahan atau inovasi yang berarti. Mesin yang digunakan adalah mesin yang sama dengan yang tertanam di Honda Jazz dan juga Mobilio. Yang membedakan hanyalah mesin i-VTEC berkapasitas 1.500 ini nantinya akan mengusung transmisi otomatis dan manual 6 percepatan. Sedikit lebih tinggi dibandingkan Mobilio yang masih 5-percepatan. Namun dengan bobot yang lebih besar, sepertinya mungkin Honda akan merubah setingan komposisi pada ECU untuk memastikan mobil ini tetap irit khas Honda dan bertenaga khas SUV.

Harga Mobil Honda BR-V Terbaru

Bicara soal harga, rupanya Honda mematok angka yang tidak terpaut jauh dengan perkiraan awal saat pengenalan sketch desain mobil Honda BR-V di awal tahun 2015 lalu. Mobil yang ditawarkan dengan 4 varian ini (S M/T, E M/T, E CVT dan Prestige CVT) akan dipatok pada angka 230 jutaan hingga 265 jutaan. Dan saat ini, pembelian mobil Honda BR-V sudah dapat dilakukan dengan sistem booking. Sementara unit mobilnya sendiri baru akan diterima konsumen sekitar awal 2016.

Dengan spesifikasi dan harga tersebut, maka semakin jelas jika mobil ini akan berada di pasar yang sama dengan duet Toyota Rush – Daihatsu Terios. Rentan harga juga rasanya tidak terpaut jauh. Namun dengan desain yang lebih segar dan teknologi yang sepertinya lebih maju, rasanya Toyota dan Daihatsu harus siap untuk bersaing keras menguasai pasar penjualan di kelas compact-SUV nantinya.

Tulisan Lainnya

Tips Membeli Mobil Retro Corolla DX Beberapa waktu lalu, ada salah satu pengunjung blog saya yang secara khusus menanyakan sedikit tentang mobil Corolla DX. Sebetulnya pertanyaan tersebu...
Pilihan Velg Retro Untuk Mobil Corolla DX Untuk yang suka merubah penampilan mobilnya, baik mobil retro atau mobil terbaru, velg biasanya jadi sasaran pertama untuk diganti. Suka atau enggak, ...
New Picanto Platinum Dilepas Ke Pasar Indonesia Satu lagi pilihan untuk yang sedang mencari mobil berjenis city car dilepas ke pasaran. Kali ini giliran KIA merilis New Picanto Platinum, city car ya...
Memilih Air Radiator Coolant, Untuk Mesin Lebih Di... Radiator merupakan bagian penting dari sistem pendinginan yang digunakan pada mesin mobil. Air dari radiator akan mengalir memasuki sistem pendinginan...

Leave a Reply

badge