Google Maps Street View Resmi Hadir di Indonesia

Google Maps Street View mungkin bukan lagi sesuatu yang baru untuk pengguna Internet. Pasalnya, fitur yang dimiliki oleh Google Maps ini memang sudah lama ada. Saya juga beberapa kali menggunakan fitur Street View ini kalau lagi iseng kepingin tahu, gimana sih kondisi jalan atau lingkungan di suatu kota di luar negeri.

Beberapa tahun belakangan, memang sempat dikabarkan Google Maps Street View akan segera hadir di Indonesia. Meski hanya dari artikel dan blog pengguna internet, namun beberapa orang mengatakan bahwa sering melihat mobil dengan logo Google Maps Street View ini lalu lalang. Di bagian atas mobil ini juga terpasang kamera khusus. Jadi wajar rasanya kalau masyarakat menganggap bahwa Google sedang merekam keadaan jalan dan suasana beberapa kota di indonesia, untuk dapat diakses melalui Google Maps Street View.

Mobil Google Street Views di Indonesia ~ sumber Tempo.com

Dan benar saja. Hari ini, rabu 21 Agustus 2014, Google Maps sudah memunculkan fitur Street View untuk beberapa kota besar di Indonesia. Kota tersebut antara lain Jakarta, Surabaya dan Denpasar. Saya belum tahu kota dan daerah lain yang sudah dapat dilihat dari fitur Street View ini. Namun gosipnya, ada spot menyelam di Indonesia yang juga dapat diakses pemandangan bawah lautnya dari fitur Street View ini!

Untuk bisa menggunakan fitur Google Maps Street View ini cukup mudah. Kita hanya tinggal membuka situs Google Maps (maps.google.com), lalu masukkan kota yang ingin kita akses di kolom pencarian. Setelah itu, seret gambar manusia di pojok kanan bawah layar ke titik yang ingin kita lihat. Maka di layar akan muncul tampilan 360 derajat kondisi lingkungan di titik tersebut.

Google Maps Street Views di Bali Indonesia

Yang menyenangkan dari fitur Street View ini adalah, kita bisa memindah – mindahkan titik yang kita akses ke tujuan tertentu. Jadi seperti berjalan – jalan di kota tersebut saja. Meski bentuknya adalah gambar diam, tapi tetap saja cukup memberikan informasi untuk kita yang ingin mengetahui bangunan apa saja yang ada di jalan tersebut.

Jalan Kuta Bali Google Street Views

Contohnya pada gambar diatas, saya mencoba melihat Jalan Pantai Kuta Bali dari Google Maps Street View. Dari situ kita bisa lihat bahwa jalan tersebut sangat ramai, ada restoran pizza dan cafe ternama. Jika kita telusuri terus sepanjang jalan, akan banyak yang bisa kita lihat. Tapi yang terlihat hanya yang di lalui jalan raya saja. Kalau kondisi Pantai Kuta sendiri, tidak dapat diakses. Mobil Google Street View enggak bisa jalan masuk ke pantai!

Jadi, sudah coba asiknya Google Maps Street View di Indonesia?

Tulisan Lainnya

PowToon, Bikin Video / Slide Presentasi Jadi Keren... Di tempat kuliah, hampir semua tugas berkaitan dengan komputer dan internet. Jadi jangan kaget kalau ternyata mahasiswa-mahasiswanya sangat kreatif da...
Beli Pulsa Smartfren Lewat Internet Banking Mandir... Selama liburan semester sejak awal puasa kemarin, saya praktis jarang menyentuh laptop dan internet dengan koneksi modem. Kalau hanya untuk browsing r...
Beberapa Cara Cek Kuota Paket Telkomsel 4G Cara Cek Paket Telkomsel - Di postingan saya sebelumnya tentang Mifi XL Go Unlock, saya sudah menyebutkan kalau saya menggunakan paket internet Telkom...
Project Loon Google Resmi di Indonesia, Gandeng 3 ... Beberapa minggu lalu, media cukup ramai dengan pemberitaan tentang Bapak Presiden Jokowi yang secara terang-terangan menyebutkan akan membuka pintu da...

3 Comments

    • iKurniawan

Leave a Reply

badge