Film Maze Runner (2014), Misteri Kehidupan Di Tengah Labirin

Kurang lebih sepuluh hari liburan ke kota kelahiran, saya nyaris tidak menyentuh laptop, internet, tugas kuliah, apalagi sampai download dan nonton film. Tadi pagi sampai kamar kos, langsung cek film terbaru yang sudah bisa diunduh dan langsung eksekusi. Ternyata enggak banyak film baru muncul di situs berbagi. Dan untuk kali ini pilihan saya adalah men-download film Maze Runner.

Sebenarnya saya kurang tertarik untuk mengunduh film ini. Alasannya karena dari awal film ini ada di bioskop, saya sudah cukup pesimis kalau ini film bagus. Malah saya sempat berfikir kalau film ini terinspirasi dari game Temple Run yang ada di smartphone. Salah besar memang. Karena film Maze Runner ini ternyata hasil adaptasi dari novel best seller berjudul sama yang ditulis oleh James Dashner. Lalu, gimana sih filmnya?

Film ini diawali dengan adegan dimana ada seorang remaja pria yang tiba-tiba saja sudah ada di dalam lift barang. Iya, memang tiba-tiba ada di situ begitu saja. Saya malah sempat berfikir kalau saya sudah men-skip media player saya terlalu jauh. Ternyata saya salah, memang adegannya dibuat demikian.

Adalah Thomas, remaja yang kali ini diutus untuk bergabung dengan remaja lainnya yang sudah terlebih dahulu hidup di The Glade. The Glade sendiri adalah sebuah area yang berada di tengah-tengah labirin raksasa. Para remaja tersebut, entah kenapa, berada dalam The Glade tersebut. Setiap bulan, selalu ada satu remaja baru yang diutus untuk bergabung. Dan semua dari mereka mengalami kondisi yang sama saat dikirimkan, yaitu tidak mengingat apapun.

review cerita film the maze runner

Kedatangan Thomas ternyata menjadi suatu perubahan besar dalam tatanan hidup yang sudah bertahun-tahun berjalan dalam The Glade tersebut. Hal ini dimulai dari Thomas yang melanggar satu demi satu aturan yang ada di The Glade. Sampai akhirnya anomali muncul dimana monster yang disebut Griever mulai menyerang saat siang hari, hingga akhirnya Thomas membuat kejutan saat menghadapi monster tersebut.

Beberapa orang menganggap Thomas dapat memberikan harapan baru untuk keluar dari labirin raksasa. Beberapa diantaranya menganggap Thomas adalah perusak tatanan kehidupan. Misteri makin besar saat pengiriman orang kembali dilakukan, dan ternyata kali ini adalah seorang remaja perempuan yang membawa pesan misterius. Dari sini satu-persatu misteri mulai terkuak.

Dari segi cerita, film Maze Runner ini sepertinya enggak terlalu berat meski memiliki sedikit twist di dalamnya. Penyajiannya juga cukup ringan meski beberapa adegan bisa ditebak kemana arah jalan cerita ini nantinya. Dan untuk antagonisnya, saya cukup merasa aneh dengan beberapa kondisi. Salah satunya, bagaimana si Gally sendirian menembus labirin yang dia tidak pernah lalui dan menghadapi banyak Griever? Sendirian loh?!

Anyway, meskipun judul filmnya adalah Maze Runner (pelari labirin) dan posternya adalah orang yang berlari dengan background labirin raksasa, sebagian besar film justru tidak menceritakan orang yang berlari dalam labirin. Film ini lebih menceritakan bagaimana kehidupan yang ada dalam The Glade serta konflik-konflik yang terjadi. Sajian konflik dan aksi yang dihadirkan cukup menegangkan untuk saya sendiri.

Overall, film berdurasi 2 jam kurang sedikit ini cukup menghibur walah sedikit membingungkan. Agaknya, dari ending yang disajikan, sepertinya akan dibuat Maze Runner 2. Tapi entahlah, apakah novelnya juga memang sudah ada sequelnya, saya juga enggak tahu. Untuk skor, dari saya sendiri yang memang tidak terlalu menyukai genre film misteri begini mungkin menilai 6.5/10 saja. Tapi skor dari IMDB sendiri cukup tinggi, yaitu 7.2/10 dari 75ribu++ voting. Jadi cukup direkomendasikan untuk anda penyuka film action-mystery.

Tulisan Lainnya

Film Let’s Be Cops (2014), Komedi Berbalut A... Pertama, gue masih takjub sama judul postingan yang gue buat ini. Kesannya kok udah kayak situs review film kelas wahid, cuma emang dengan dramatisasi...
Review Film Max (2015) Review film - Kita mungkin sudah sangat mengetahui jika anjing adalah hewan yang sangat bersahabat dengan manusia. Mungkin karena alasan tersebut, mak...
Review Film : Thor, The Dark World (2013) Loki yang telah dikalahkan oleh Thor dan The Avengers akhirnya dibawa kembali ke Asgard untuk mempertanggungjawabkan kesalahannya kepada Kerajaan Asga...
Mad Max: Fury Road (2015) Untuk penggila film yang sudah melahap banyak judul film, kabarnya franchise film Mad Max bukanlah suatu hal yang baru. Dulu sekali, film ini terbilan...

Leave a Reply

badge