Film Catch Me If You Can (2002), Kisah Nyata Penipuan Fenomenal

Karena belum ada film baru yang sudah saya tonton, jadi kita mencoba flashback ke beberapa tahun lalu. Untuk mode flashback ini, saya mau review cerita film-film yang cukup fenomenal pada jamannya. Jadi genrenya bisa dari genre apa aja. Entah itu komedi, action, horor (kayaknya enggak deh), romantis atapun film-film biography dan film yang diangkat dari kisah nyata seperti film yang satu ini, Catch Me If You Can.

Film Catch Me If You Can merupakan sebuah film yang dirilis secara sukses pada tahun 2002. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang penipu ulung bernama Frank Abagnale Jr. Saat usianya belum mencapai 19 tahun, Abagnale Jr ini sudah berhasil melakukan pemalsuan dokumen dan cek sehingga memperoleh uang mencapai jutaan dollar dengan cara yang bervariasi. Dalam film ini, aktor yang menjadi bintang utama adalah Leonardo DiCaprio yang saat itu sedang naik pamornya setelah berakting di film Titanic dan aktor senior Tom Hanks.

download film catch me if you can

Review Cerita Film Catch Me If You Can

Frank Abagnale Jr. (Leonardo DiCaprio) adalah seorang pemuda yang cerdas, namun dengan latar belakang keluarga yang bermasalah. Karena hal itulah kemudian Frank pergi dari rumah dan mencoba hidup sendiri. Untuk dapat bertahan hidup, Frank akhirnya belajar bagaimana cara menghasilkan uang dengan cara memalsukan cek. Mulanya ia hanya memalsukan cek kecil karena melihat bagaimana proses cek dicairkan di bank. Namun semakin lama, ia semakin ahli melakukan hal tersebut. Selanjutnya ia melakukan ‘penipuan’ besar-besaran dengan dikenal sebagai pilot maskapai ternama, dokter berprestasi dan jaksa yang sangat hebat. Namun dibalik semua itu, Frank hanya seorang anak muda. Dan dari semua proses penipuan itu, Frank menghasilkan ‘gaji’ hingga jutaan dollar dari berbagai daerah di Amerika.

Sepak terjang Frank ini akhirnya menarik perhatian pihak kepolisian dan FBI. Agen Hanrraty (Tom Hanks) lah yang kemudian sosok utama pemburu Frank. Namun dibalik aksi saling mengejar dan menghindar ini, secara ajaib terjadi ikatan diantara keduanya. Frank secara rutin menelpon Agen Hanratty untuk mengobrol dan saling berbagi cerita, khususnya di malam natal.

Lalu bagaimana akhirnya aksi kejar-kejaran Frank Abagnale Jr. dan FBI ini? Apakah Frank akhirnya tertangkap dan dipenjara untuk mempertanggungjawabkan kesalahannya? Eits, ternyata enggak segampang itu. Ingat, ini diangkat dari kisah nyata. Bukan dari garisan cerita khayalan yang endingnya kebenaran selalu menang!

Secara keseluruhan, film ini menyajikan cerita yang menarik dengan twist yang ringan. Steven Spielberg berhasil menyajikan sebuah cerita nyata yang sangat fenomenal di Amerika menjadi sebuah film yang juga menarik perhatian penikmat film di seluruh dunia. Hampir semua orang yang pernah menonton film ini akan takjub dengan tipu daya yang terlihat sederhana, namun menghasilkan uang dan posisi yang mengagumkan.

Dari film ini juga, Leonardo DiCaprio menunjukkan kelasnya sebagai aktor muda berbakat. Bukan sekedar aktor modal tampang yang sukses berduet dengan aktris cantik dalam adegan erotis dan romantis saat kapal tenggelam. Overall, film ini sangat layak ditonton untuk kamu yang doyan film-film action komedi, atau film yang diangkat dari kisah nyata. Untuk skor, rasanya 8.4 dari saya!

Related Articles

1 thought on “Film Catch Me If You Can (2002), Kisah Nyata Penipuan Fenomenal”

  1. Steven Spielberg emang juara, di setiap filmnya hampir selalu berhasil. Kaget ternyata film ini diambil dari kisah nyata, ada ternyata orang yang sampai sehebat itu. Kabarnya Frank Abagnale yang asli main juga jadi cameo disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *