Dukung Calon Presiden Jagoan Boleh Saja, Asal…..

9 April 2014 kemarin, Indonesia baru saja melaksanakan Pemilihan Umum untuk memilih wakil rakyat yang akan duduk di kursi-kursi legislatif pemerintahan pusat dan daerah. Bahkan di Lampung, Pemilu juga dilaksanakan secara bersamaan untuk memilih Gubernur Provinsi Lampung yang akan memimpun pada periode 2014-2019. Meski masih banyak kekurangan di sana-sini, Pemilu legislatif kemarin terbilang cukup sukses.

Setelah memilih wakil legislatif, pesta demokrasi Indonesia ini akan dilanjutkan dengan memilih RI 1 dan RI 2. Yups, pemilihan umum berikutnya siap digelar untuk memilih Presiden RI beserta Wakil Presidennya. Kalau saya tidak salah, Pemilu Presiden atau Pilpres akan digelar pada 9 Juli 2014. Sekitar 2 bulan lagi, dan saat ini mungkin sudah mulai terlihat aroma-aroma persaingan nama-nama yang akan bersaing di Pemilu esok.

Sebenarnya saya tidak ada masalah dengan persaingan antar calon, antar pendukung, bahkan antar orang yang gak ada hubungannya sama dunia politik. Hanya saja, saya sering terusik dengan mereka yang mendukung tapi dengan cara yang cukup ‘aneh’. Logikanya, jika kamu mendukung calon A, maka kamu akan membantu si A ini mempromosikan visi, misi, proker, kebaikan, keunggulan dan hal-hal baik dari si A. Bener toh?

Calon presiden indonesia 2014

source : google images

Tapi yang saya lihat malah kok seperti sebaliknya. Alih-alih meperkenalkan kebaikan si A yang diunggulkannya, si pendukung membabi-buta ini malah mencari-cari, mengorek-orek dan mempromosikan hal (yang menurut tim mereka) menjadi kejelekan dan kelemahan si B.

Memang sih, hal seperti ini bukan lagi hal baru untuk segala persaingan yang ada di Indonesia ini. Mulai dari persaingan antar fans tim sepakbola, fans girlband, sampai fans game juga saling merendahkan pihak lawan. Dan hal ini jadi pertanyaan saya, sehingga saya mengambil kesimpulan bahwa ada beberapa hal yang membuat fenomena ini muncul.

Pertama, Anda Tidak Bisa Mendapatkannya, Maka Tidak Ingin Dia Jadi Yang Lebih Baik
Kedengarannya lucu, tapi hal ini memang ada dan nyata. Jadi bisa kita simpulkan, sebenarnya pendukung xxx ini sangat ingin berada di komunitas dan mendukung si B. Namun karena hal tertentu, dia tidak bisa berada di lingkungan B. Karena rasa kecewa yang besar, maka dia menjadi bersebrangan dan sangat tidak ingin si B ini menang.

Kedua, Anda Tidak Bisa Menang Jujur
Cara yang ini bisa dibilang cara yang cukup putus asa. Agak mirip dengan yang pertama tadi, anda mengetahui si B ini adalah lawan yang sangat kuat dan sangat sulit dikalahkan. Jadi anda berusaha dengan segala cara untuk menjatuhkan si B ini, meskipun dengan menggunakan cara-cara yang cukup ‘aneh’.

Ketiga, Anda Tidak Yakin Dengan Jagoan Anda Sendiri
Menurut saya ini yang paling banyak komunitasnya. Anda mendukung si A, tapi anda tidak tahu apa yang bisa diunggulkan dari si A ini. Bahkan mungkin, si A ini tidak ada keunggulan dan anda tahu itu. Tapi anda tidak mungkin menarik ucapan yang sudah keluar, sehingga daripada mempromosian keunggulan si A (yang tidak ada), maka anda mencari (atau membuat) si B keliatan jelek.

Sekali lagi, saya tidak ada masalah dengan calon Presiden manapun atau partai bergambar apapun juga. Saya hanya jengah saja melihat pendukung-pendukung seperti yang saya tuliskan diatas. Mendukung calon Presiden yang kita unggulkan boleh saja, asal kita dapat menjadi pendukung yang positif dan berjuang secara jujur. Jika anda sebagai pendukung atau simpatisan saja sudah bersaing secara kotor, bagaimana nanti orang yang anda pilih dapat bekerja secara bersih. Mari bersaing secara sehat saja, toh siapapun Presidennya, saya yakin (dan berbaik sangka), tidak satupun dari mereka yang visinya adalah menghancurkan Indonesia.

Jadi, siapa Presiden yang anda unggulkan, dan mengapa anda mendukung dia?

Tulisan Lainnya

5 Strategi Dasar Wajib Dikuasai dalam Bisnis Onlin... Siapa yang tidak mengakses internet hari ini ? Hampir tidak ada. Hampir semua orang mengakses internet di Indonesia. Bagaimana strategi melakukan pema...
Mengenal Jenis Kopi Lokal Asli Indonesia Kopi Asli Indonesia - Indonesia memang cukup dikenal di dunia sebagai negara penghasil kopi yang baik. Dengan letak geografis serta karakter tanah yan...
Ospek, Pengkaderan, dan Warisannya Sekarang masa - masa SBMPTN, ujian masuk, saringan masuk atau apapun namanya seleksi untuk ke Universitas digelar. Mulai dari ujian reguler, undangan ...
Tips Belanja Online Murah, Mudah Dan Dapat Cashbac... Belanja Online Murah - Sekarang ini trend belanja online memang makin menjamur. Dan berbagai platform atau marketplace berlomba-lomba untuk memberikan...

Leave a Reply

badge