Desain Layout Base Clash Of Clans Town Hall 9

Setelah lama berkutat di town hall 8, beberapa minggu lalu saya akhirnya mengetok town hall (TH) saya untuk naik ke TH 9. Dengan demikian, maka bertambah pula beberapa bangunan baru untuk memperluas area village. Tapi sayangnya, saya belum punya waktu untuk mengatur layout base di akun Clash of Clans saya. Setelah berulang kali rata dengan tanah, sepertinya sudah waktunya untuk mengatur ulang layout village saya.

Beberapa bangunan baru yang bisa dipilih saat baru naik ke TH 9 antara lain pagar, 2 buah x-bow, archer queen, elixir dan gold storage, tambahan air defense dan archer tower. Dengan tambahan tersebut, berarti saya harus menyetting ulang base untuk 2 kebutuhan. Yang pertama untuk kebutuhan reguler dengan tujuan mengamankan semua resources, dan yang kedua untuk kebutuhan clan war biar gak cepet rata.

Setelah browsing kesana-kesini, saya akhirnya dapet beberapa referensi base yang bisa saya tiru. Semoga referensi ini juga berguna untuk teman-teman semua.

Base TH 9 Untuk Mengamankan Resources

tips farming base coc TH 9

Untuk layout standar normal base, saya memilih untuk menggunakan farming base TH 9 dari Gamatrix ini. Disini terlihat kalau beberapa slot defense terbuka lebar. Mungkin untuk memancing agar Giant terlebih dahulu mengincar defense ini. Sementara di belakangnya sudah bersiap wizard tower dan mortar. Selain itu, di area terbuka itu juga terlihat banyak jebakan seperti spring trap dan giant bomb.

Kelemahan yang terlihat adalah gold storage masih terlihat agak keluar. Untuk mengatasinya, kalau sedang mengumpulkan gold, maka posisinya bisa ditukar sama elixir storage. Selain itu, untuk tembok terluar, pastikan sebisa mungkin level tinggi. Supaya enggak langsung hancur dihajar wall breaker.

Base TH 9 Untuk Defense / Clan War

desain clan war base TH 9

Untuk desain base clan war TH 9, saya memilih desain hybrid ini. Tapi tentu saja yang dipakai adalah yang full defense dan TH diletakkan di dalam. Dengan layout begini, yang perlu diwaspadai sepertinya serangan GoWiPe (Golem – Wizard – Pekka). Apalagi dengan pancingan untuk mengeluarkan pasukan cc dari sudut atas. Solusinya paling dengan memperkuat tembok di bagian atas terlebih dahulu.

Semua defense tentu diperhitungkan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Saran saya sih siapkan beberapa layout. Toh sekarang game Clash of Clans ini sudah menyediakan fitur untuk menyimpan beberapa base sekaligus.

Anyway, disini saya enggak memilih desain untuk melindungi tropi. Karena memang sekarang lagi gencar-gencarnya ngumpulin resources. Sepanjang TH 8 dan TH 9, saya bermain di trophy Gold 1 dan 2. Jadi belum berniat naik ke level selanjutnya dulu. Nanti kalau semua sudah mentok, baru menanjak ke tameng ungu atau Crystal!

Selamat mendesain ulang, selamat bermain, berbagi tips dan mari bersenang-senang!!

Tulisan Lainnya

Tips Strategi Serangan Udara Naga Balon TH 7 Clash... Meski sudah berada di TH9, tapi biar adil untuk teman-teman yang masih berada di TH7 atau TH8 maka saya mau bikin tips war Clash of Clans untuk yang m...
Tips Mencari Resource Dalam Game Clash Of Clans Kemarin kan saya sudah bikin postingan tentang tips bermain Clash Of Clans untuk pemula. Berikutnya adalah kita akan berbagi tips dan trik tentang res...
Cara Mendapatkan Dark Elixir Dengan Mudah (Tips CO... Mendapatkan dark elixir di game Clash of Clans atau CoC itu bisa dibilang adalah perkara yang gampang - gampang susah. Gampangnya karena caranya ada b...
Tips Main Clash of Clans : Cara Mendapatkan Loot B... Main game Clash of Clans itu memang salah satu point terpentingnya adalah melakukan looting, atau nge-raid. Tujuannya ya sudah pasti untuk mendapatkan...

One Response

Leave a Reply

badge