Contactive, Aplikasi Android Untuk Mengenali Nomor Telepon

Pernah ditelepon dengan nomor yang enggak kamu kenal?
Saya sering, dan rasanya hal tersebut amat sangat mengganggu. Sederhana saja, saya males kalau lagi bareng keluarga, atau lagi sibuk ngerjain tugas, terus ada telepon yang enggak penting. Misalnya saja penawaran kartu kredit atau asuransi dari bank, atau televisi berbayar yang terus – terusan nelepon padahal sudah lama saya hentikan layanannya. Asli, ganggu banget.

Masalahnya, kita kadang enggak pernah tahu nomor – nomor tidak dikenal yang menelepon kita. Pengen diangkat, takutnya enggak penting banget. Enggak diangkat, khawatirnya itu saya menang undian, pemberitahuan soal kuliah dan kerjaan, atau bisa juga hal penting lainnya. Jadi mau nggak mau, ya saya harus mengangkat telepon itu. Walau akhirnya saya harus berbohong mengatakan sedang sibuk, kuliah atau lagi nyupir sama agen asuransi tersebut.

Tapi ternyata, ada cara mudah untuk mengetahui pemilik nomor tidak dikenal yang menelepon kita tersebut. Ini saya ketahui setelah menggunakan handheld android, ternyata ada aplikasi bernama Contactive. Aplikasi ini fungsinya adalah mengenali pemilik nomor telepon atau caller ID dari nomor – nomor yang menelepon kita tersebut. Tapi syaratnya, harus ada pengguna Contactive lain yang sudah pernah menyimpan nomor tersebut di smartphone mereka, atau si pemilik nomor tersebut pernah menggunakan nomornya untuk daftar di media sosial.

aplikasi mengetahui nomor tidak dikenal

Cara penggunaannya juga cukup mudah kok. Kita tinggal unduh aplikasi ini di Google Playstore secara gratis, kemudian kita bisa log in menggunakan email, facebook atau akun google. Setelah itu, kita dapat menghubungkan aplikasi ini dengan berbagai social media, bermanfaat kalau kamu mau koleksi alamat email dan nomor telepon temen – temen facebook atau twitter kamu. Kalau saya sih…..enggak mau. Menuh – menuhin contact ajah. Sampai sini, maka tahap awal selesai!

Selanjutnya kita tinggal menunggu saja kalau ada telepon masuk, biarkan beberapa saat sebelum berjalan. Contactive akan muncul di layar panggilan saat ada telepon masuk dan langsung mencoba mengenali siapa pemilik nomor tersebut. Syaratnya, handphone kamu harus terhubung dengan internet ya. Jadi pastikan paket data selalu terkoneksi. Jika pemilik nomor sudah dikenali, maka akan langsung muncul di layar anda siapa pemilik dari nomor tersebut.

Aplikasi ini selain berguna untuk mengetahui nomor telepon tidak dikenal, juga dapat digunakan untuk mengetahui pengirim SMS yang juga tidak dikenal. Caranya adalah dengan men-dial nomor yang ingin diketahui, lalu langsung matikan saja. Nanti aplikasi contactive akan langsung memunculkan data pemilik nomor tersebut.

tips mengetahui pemilik nomor telepon tidak dikenal

Ada beberapa kelemahan dari aplikasi ini, salah satunya adalah nama pemilik nomor telepon muncul sesuai dengan nama yang diberikan orang lain di aplikasi Contactive mereka. Misalkan saya menyimpan nomor 12345 dengan nama Pak Ganteng, maka ketika nomor tersebut menelpon kamu, maka nama yang muncul adalah Pak Ganteng juga. Tapi untungnya saya tidak pernah menemukan keanehan seperti itu.

Yang kedua, untuk bisa membuat aplikasi ini bekerja, ya hape kamu harus terhubung dengan koneksi internet. Karena begitu ada telepon masuk, dan kamu enggak pernah menyimpan nomor tersebut di hape kamu, aplikasi ini bakal mencari pemilik nomor tersebut di database mereka dan juga di internet.

Nah, itu dia cara mengetahui nomor telepon tidak dikenal dengan menggunakan aplikasi Contactive di handphone android. Semoga bermanfaat!

Tulisan Lainnya

OPPO R7, Flagship Premium Yang Siap Dipesan Sejak awal kemunculan merk OPPO di Indonesia, jujur saja saya memang cukup tertarik dengan ponsel-ponsel android yang mereka tawarkan. Promosi dan pem...
Xiaomi Datangkan Redmi 2 dan Mi Pad Ke Indonesia Tanggal 1 April 2015 kemarin, Xiaomi akhirnya secara resmi memperkenalkan dua produk terbaru mereka yang akan dipasarkan di Indonesia. Kedua produk te...
Menunggu Kehadiran Smartphone Android Xiaomi di In... Mungkin hanya sedikit orang yang tahu merk smartphone Xiaomi. Beberapa teman saya malah langsung bingung begitu mendengar merk ponsel asal China ini. ...
Aksesoris Dan Protektor Hape Oneplus One Setelah melakukan unboxing Oneplus One beberapa waktu lalu, ponsel dengan layar 5.5 inchi ini belum sepenuhnya saya pakai. Apalagi sampai mau tes kine...

8 Comments

  1. Nhovita
  2. Rahmad Januardi
  3. Bibit P
  4. Rindha PU
    • aila
      • iKurniawan
        • nimas
          • iKurniawan

Leave a Reply

badge