Cetak Tiket Kereta Api Sendiri Dengan Mesin CTM

Salah satu alasan orang membeli tiket perjalanan secara online, entah kereta ataupun pesawat, adalah karena malas untuk mengantri di loket pembelian tiket. Sederhana saja, semua orang ingin praktis dan cepat. Begitu pula saya. Jadi wajar sepertinya kalau kita merasa agak malas kalau sudah mengurus pembelian tiket secara online, tapi harus berdiri di baris antrian hanya untuk mencetak tiket yang sudah kita bayar tersebut.

Untuk pesawat sih, memang bukti pembayaran atau struk ATM dapat dijadikan tiket untuk masuk ruang bandara dan ditukarkan dengan boarding pass. Tapi tidak demikian untuk tiket Kereta Api. Kita harus terlebih dahulu menukarkan bukti pembayaran tiket dengan tiket resmi yang dicetak oleh PT Kereta Api. Disinilah kita terkadang harus antri dengan penumpang lain yang juga ingin mencetak tiket, membeli tiket, atau bahkan bertanya – tanya tentang harga tiket kereta beserta jadwal – jadwalnya. Bayangkan, saya pernah mengantri di urutan 2 selama hampir 30 menit, karena orang didepan saya asik bertanya dan konsultasi mengenai jadwal kereta beserta harga tiketnya.

Untungnya beberapa waktu lalu, saya secara tidak sengaja melihat ada mesin atau kios yang disediakan PT KAI untuk memudahkan penumpang dalam mencetak tiket mereka sendiri. Nama mesin itu adalah CTM, Cetak Tiket Mandiri. Beberapa bulan lalu, keberadaan mesin ini bisa dibilang cuma 1 atau 2 buah. Namun kemarin, saya melihat mesin ini sudah tersedia di beberapa titik dalam area Stasiun Gambir.

Cetak Tiket Kereta Mesin CTM

Cetak Tiket Kereta APi Sendiri

Cara pemakaian mesin CTM ini terbilang sangat mudah. Pertama, kita memasukkan dahulu kode bayar tiket kita ke kolom yang sudah disediakan. Caranya adalah dengan mengetikkan nomor kode bayar menggunakan keyboard yang ada di layar mesin. Iya, layarnya sudah touch screen. Saya agak norak, sebelum saya pakai, saya sempet mengintip – intip terlebih dahulu mencari dimana keyboard fisiknya.

Setelah nomor kode booking dimasukkan, tekan tombol CARI / SEARCH yang ada dibawahnya. Selanjutnya, akan muncul informasi tiket yang sesuai dengan kode bayar kita tersebut. Kalau sudah, tinggal pilih tombol CETAK / PRINT saja. Maka tiket akan tercetak dari mesin printer yang ada di bawah layar mesin. Selesai, kita sudah mencetak tiket kereta api sendiri. Tanpa harus antri, berdesakan, apalagi menunggu orang selesai konsultasi.

Petugas Membantu Cetak Tiket Kereta Api

Meski baru sekali menggunakannya, saya merasa mesin Cetak Tiket Mandiri yang disediakan PT KAI ini sangat membantu dan memudahkan calon penumpang kereta api yang sudah membeli tiket kereta api secara online atau melalui gerai – gerai resmi penjualan tiket KAI. Semoga mesin ini dapat dimanfaatkan dengan awet, dan jauh dari tangan – tangan jahil orang iseng!

Semoga bermanfaat!

Tulisan Lainnya

Pengalaman Belanja Online di Elevenia Bikin Kapok Belanja online di Indonesia sekarang sudah makin menjamur. Kalau dulu hanya sebatas toko online dan tempat iklan online saja, sekarang sudah makin ban...
Pemadaman Bergilir PLN, Sampai Kapan Nih? Listrik mungkin bisa dibilang sebagai kebutuhan primer untuk mayoritas orang saat ini. Bagaimana tidak, hampir semua kegiatan kita sekarang ini membut...
Uang Jajan Dari Blog Affiliate Bhinneka Sebagai orang yang senang baca-baca apapun di internet, entah itu sekedar cerita, tips atau review produk, pasti pernah donk lihat postingan atau arti...
Belajar Mengatasi Anak Yang Suka Jajan Memiliki anak yang masih kecil, atau untuk saya khususnya yang masih di usia balita / batita, tentu masih asik-asiknya mengeksplorasi segala hal. Kond...

Leave a Reply

badge