Cara Gunakan Xiaomi Bluetooth Gamepad di Laptop

Kemarin saya sudah posting tentang unboxing serta review Xiaomi Gamepad secara singkat. Iya, saya emang enggak terlalu jago bikin review-review mendetail ala reviewer gitu. Jadi seadanya saja. Dan dari review itu, serta beberapa video review lainnya, ternyata ada cukup banyak yang memiliki pertanyaan tentang apakah Xiaomi Gamepad ini bisa dipakai di komputer atau laptop? Cara pakainya gimana?

Dari pengalaman saya sendiri, Xiaomi Gamepad ini sangat bisa dipakai di komputer atau laptop. Bahkan sangat lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Sekedar informasi, laptop yang saya gunakan untuk bermain game dengan Xiaomi Gamepad ini adalah ASUS tipe N46 dengan OS Windows 10. Bluetooth yang saya gunakan juga internal laptop, tanpa tambahan bluetooth dongle.

Secara garis besar, mungkin berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk bisa bermain game di laptop atau komputer dengan Xiaomi Gamepad ini.

Isi Box Review Xiaomi Gamepad Indonesia

#1 Lakukan Bluetooth Pairing
Pastikan laptop kamu bisa membaca dan melakukan pairing dengan Xiaomi Gamepad. Untuk tahapan pairing, harusnya enggak masalah karena sama saja dengan pairing ponsel. Malah di laptop saya tidak perlu memasukkan verification code.

Setelah pairing selesai dilakukan, di Control Panel akan terlihat icon gamepad dengan nama bertuliskan huruf Chinnese atau Mandarin (maaf saya ndak tau ini). Iya, saya berasumsi saja kalau itu artinya : Xiaomi Bluetooth Gamepad. Pada tahap ini, maka pairing sudah selesai.

#2 Lakukan Mapping Tombol
Agar gamepad bisa digunakan secara normal, maka kamu harus melakukan konfigurasi DAN/ATAU mapping tombol dulu. Untuk tahapan ini, ada banyak cara yang bisa dicoba. Karena yang saya akan bermain game FIFA, maka kasus disesuaikan saja ya. Seharusnya enggak terlalu berbeda juga.

Pertama kamu harus mendownload software mapping tombol gamepadnya. Saya menggunakan X360ce versi 64 bit. Setelah gamepad dalam posisi nyala dan terkoneksi dengan laptop, maka buka aplikasi x360ce tersebut. Nanti akan ada permintaan membuat file xinput.dll, klik OK saja. Selanjutnya, aplikasi ini akan mendownload mapping tombol yang paling cocok dengan Xiaomi Gamepad. Oh iya, laptop saya dalam kondisi terkoneksi dengan internet. Kalau tidak, sepertinya kamu harus download file xinput.dll juga untuk bisa menjalankan aplikasi x360ce ini.

Setelah mapping tombol sesuai, maka klik save dan tutup aplikasi x360ce tadi. Dalam folder aplikasi ini, kemudian akan ada 3 file, yaitu x360ce.exe, file xinput.dll dan x360ce.ini.

Terakhir, pindahkan file xinput.dll dan x360ce.ini ke dalam folder file exe game kamu. Misalkan file FIFA15.exe berada di Program File/FIFA15, maka dua file tadi masukkan ke folder yang sama.

Oh iya, kecocokan file xinput ini akan berbeda-beda tergantung dengan game yang kamu mainkan. Secara default sih filenya adalah xinput1_3.dll. Namun di beberapa game mungkin akan berbeda. Sebagai contoh di FIFA15 dibutuhkan file xinput9_1_0.dll. Jadi ya tinggal di rename saja kok.

#3 Jalankan Game dan Mainkan
Kalau step di atas sudah lancar dilakukan, tinggal coba deh mainkan game kamu. Seharusnya Xiaomi Gamepad di laptop akan berfungsi normal dan tinggal digunakan.

Kalau memang ternyata cara ini gagal, mungkin kamu bisa mencoba cara lainnya yang sedikit lebih ribet. Kabarnya lebih banyak yang sukses, hanya saja tidak berhasil buat saya. Contohnya adalah cara di link berikut : forum gameaxis.

Untuk daftar file yang saya gunakan bisa didownload di : x360ce@github.com
Untuk daftar game yang bisa menggunakan cara ini coba lihat di : x360ce CompatibilityList

Selamat mencoba, semoga sukses dan selamat bermain ya!

Tulisan Lainnya

Aukey Quick Charge 3.0, Ngecas Hape Gak Pakai Lama... Aukey Quick Charge 3.0 - Charger hape saya patah. Udah gitu aja pembukaannya, enggak pakai basa-basi. Itu semua bermula dari kecerobohan saya yang lup...
Sudah Tua Kok Masih Main Game? Kamu pasti pernah mendengar, atau bahkan melontarkan pertanyaan sejenis ini. Sudah tua dewasa kok masih main game? Kayak anak-anak aja! Saya sendiri ...
Melirik Xiaomi Mi 4i, Flagship Di Bawah 3 Jutaan? Pabrikan ponsel asal Tiongkok yang satu ini mungkin cukup sering dikritik fans mereka di Indonesia karena keengganan mengusung produk flagship mereka ...
OPPO R7, Flagship Premium Yang Siap Dipesan Sejak awal kemunculan merk OPPO di Indonesia, jujur saja saya memang cukup tertarik dengan ponsel-ponsel android yang mereka tawarkan. Promosi dan pem...

16 Comments

  1. Naufal
  2. Arrafii Ridzky
  3. adi
  4. Rifky
  5. yha
  6. ismail
    • Putra
  7. ragil pahlevi irani
      • Kevin Ronaldo
    • rio
  8. ismail
  9. Taufik Hidayat

Leave a Reply

badge