Cara Berkendara Untuk Lebih Ramah Lingkungan

Kendaraan bermotor mungkin bisa dibilang salah satu penyebab utama polusi atau pencemaran udara. Gas buang yang dihasilkan oleh jutaan kendaraan tiap harinya sudah pasti jadi kontribusi dari pencemaran udara kita saat ini. Apalagi saat macet melanda, karena menurut beberapa penelitian bahwa polusi yang dihasilkan oleh kendaraan yang sedang diam lebih buruk dari kendaraan yang sedang bergerak. Jadi bisa kita bayangkan bagaimana polusi di kota besar seperti Jakarta kan?

Maka dari itu, ada baiknya agar kita lebih memperhatikan lagi penggunaan kita terhadap kendaraan pribadi. Selain untuk membantu mengurangi kemacetan, juga membantu mengurangi polusi. Dan jika memang harus menggunakan kendaraan sendiri, ada beberapa tips atau cara agar kita dapat berkendara dengan cara lebih ramah terhadap lingkungan.

tips berkendara ramah lingkungan

Pilih Kendaraan Hemat BBM
Cara ini mungkin bisa kita gunakan saat akan memilih mobil atau motor yang akan kita beli. Saat ini teknologi sudah menyediakan banyak pilihan kendaraan yang memiliki mesin hemat bbm. Maka dari itu, coba untuk memilih dan membeli kendaraan yang lebih hemat dalam penggunaan bbm serta memiliki sistem gas buang yang ramah lingkungan.

Rencanakan Perjalanan dan Muatan Anda
Jika akan berkendara, coba untuk menyusun rencana mengenai rute yang akan digunakan dan waktu melewati rute tersebut. Pilih jalan yang relatif mudah serta tidak banyak macet. Untuk muatan kendaraan, bawa barang yang diperlukan saja. Semakin banyak dan berat bawaan anda, maka mesin butuh bahan bakar pula untuk menggerakkan tubuh kendaraan yang anda bawa.

Belajar Mengemudi Dengan Baik
Menginjak gas dan rem secara agresif akan membakar bahan bakar BBM lebih banyak jika dibandingkan kita mengemudi dengan perlahan. Maksudnya perlahan disini bukanlah kecepatan kendaraan, melainkan timing menginjak gas secara perlahan atau langsung menginjak penuh. Jika kita dapat menyesuaikan ‘kaki kanan‘ kita, maka kita dapat menghemat BBM hingga 30%.

Pilih Tempat Parkir Yang Nyaman
Parkir di tempat yang terhindar dari cahaya matahari secara langsung akan membuat evaporasi BBM dalam tangki dapat diminimalisir. Maka dari itu, cobalah untuk parkir di tempat parkir yang disediakan, atau jika tidak mungkin maka pilih tempat parkir yang terlindungi oleh pepohonan.

Tinggalkan Kendaraan Anda Di Rumah
Ini adalah cara terbaik untuk berkendara ramah lingkungan, yaitu dengan menggunakan kendaraan umum jika memungkinkan. Atau anda juga dapat menggunakan kendaraan bersama dengan rekan yang searah ke tempat kerja anda.

Jadi, tertarik untuk berkendara ramah lingkungan?

Tulisan Lainnya

Pilihan Kado Yang Cocok Untuk Dikasih Ke Cowok Siapa sih yang enggak seneng kalau dikasih kado. Selama kado itu barang yang baik, bermanfaat dan terlebih sedang dipengenin banget, pasti yang dikasi...
Memilih dan Membeli Parfum Original Sebenarnya saya agak lupa, entah kapan terakhir kali saya membeli parfum untuk saya sendiri. Terakhir saya ingat, saya membeli parfum Aigner Black sek...
Kesalahan Penggunaan Lampu Hazard Oleh Pengendara Ada yang tahu apa itu lampu hazard? Untuk yang belum tahu, lampu hazard sebenarnya adalah fitur pada lampu sein atau rating yang terdapat pada kendar...
Tips Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Untuk sebagian besar orang, kondisi dan kesehatan bibir itu sangat mempengaruhi penampilan dan juga kepercayaan diri. Apalagi untuk cewek, mengurus pe...

Leave a Reply

badge