Berbagai Perlengkapan Kemping Di Gunung

Beberapa hari lalu, saya baru saja pulang dari kemping ceria di Gunung Semeru. Sejujurnya, ini adalah pengalaman pertama saya melakukan perjalanan dan petualangan di alam bebas. Karena kurang pengalaman, maka saya membawa perlengkapan seadanya saja. Saya pikir, ini sama saja seperti jalan – jalan pada umumnya. Dan beberapa perlengkapan kemping juga sudah disediakan teman saya yang lebih senior soal kemping di alam bebas.

Tapi saya salah besar. Walaupun pemula, kita harus tetap membawa dan mempersiapkan perlengkapan kemping kita sendiri. Selain agar kita tidak merepotkan orang lain, perlengkapan ini juga untuk memberikan kita rasa nyaman saat kemping dan bersantai di alam bebas. Nah, dari pengalaman perjalanan yang kemarin, ini adalah beberapa daftar perlengkapan kemping yang dapat dipertimbangkan untuk kita bawa agar kemping kita tetap nyaman dan menyenangkan.

tenda kemping murah

Camping Tent (Tenda Kemping)
Di alam bebas seperti Danau Ranukumbolo yang terletak di Gunung Semeru, tidak terdapat kamar atau penginapan. Maka kita harus membawa ‘kamar’ kita sendiri. Tenda kemping merupakan hal mutlak yang harus dibawa. Sangat disarankan tenda yang dibawa harus memenuhi persyaratan kemping alam bebas, yang artinya harus tahan terhadap air hujan. Di ACE Hardware, ada pilihan untuk Camping Tent ini dengan kisaran harga mulai 300 ribuan.

sleeping bag murah untuk kemping

Sleeping Bag
Cuaca alam bebas seperti gunung itu sangat tidak menentu. Apalagi seperti Danau Ranukumbolo Semeru, kadang memiliki suhu ekstreem hingga dibawah 7 derajat. Maka dari itu, agar dapat beristirahat dengan nyaman, maka kita perlu membawa perlengkapan tidur yang dapat menghangatkan seperti sleeping bag atau kantung tidur. Sleeping bag itu ada banyak model dan pilihannya. Kalau di ACE Hardware, ragam pilihan tersedia mulai harga 150 ribuan saja. Modelnya ada yang kepompong, atau yang tikar (kotak). Pilih saja sesuai selera.

Kalau mau tambah nyaman, bisa juga membawa kasur angin seperti yang pernah saya beli di ACE Hardware Galaxy Mall Surabaya. Tapi jika jarak tempat kempingnya mengharuskan kita berjalan kaki cukup jauh seperti Ranukumbolo, saya rasa sleeping bag saja sudah cukup. Mungkin bisa ditambah dengan bantal tiup saja yang relatif ringan, atau bisa juga membawa neck cushion pillow seharga 170-ribuan yang sedang jadi unggulan ACE Hardware dalam rangka piala dunia sekarang ini.

kompor gas portabel kemping

Kompor Gas Portabel + Nesting
Untuk bisa makan saat kemping di alam bebas, maka kita harus memasak bahan makanan yang sudah kita bawa dari rumah. Maka dari itu, kita butuh kompor portabel serta perlengkapan masak atau biasa disebut nesting. Kalau saya lebih familiar dengan kompor gas portabel yang menggunakan bahan bakar gas kaleng kecil itu. Selain relatif ringan, kompor beserta gas ini memiliki harga yang relatif murah. Jadi tidak memberatkan bawaan dan dompet juga.

Itulah beberapa perlengkapan utama untuk berkemping di alam bebas menurut saya. Selain hal diatas, tentu kita harus memperhatikan beberapa perlengkapan kecil namun penting lainnya. Sebut saja multi tools (satu tools yang bisa jadi pisau, pembuka botol, pembuka kaleng, obeng dan lainnya), pisau sendok garpu, piring dan gelas melamin / plastik dan botol minum. Jika perlengkapan yang kita bawa cukup komplit, maka kemping kita akan semakin nyaman dan menyenangkan,

Semua benda perlengkapan yang saya sebutkan disini bisa cari dan dapatkan di ACE Hardware terdekat di kota anda. Untuk referensi, anda bisa mengunjungi website ACE Hardware Indonesia di www.acehardware.co.id.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *