Begadang dan Mandi Pagi

Menjelang akhir semester gini, yang namanya tugas dan project akhir itu semakin mepet dengan deadline. Banyaknya tugas itu, kadang malah sampai lupa kalau saya punya tugas. Dan akhirnya adalah mepet deadline baru sadar, kalau ternyata ada tugas yang harus diselesaikan.

Kemarin adalah contoh nyata yang bener – bener memaksa saya dan tim untuk nyaris enggak tidur. Kami harus menyelesaikan tugas membuat sebuah video, yang akan dikumpulkan kurang dari 20 jam lagi. Dan saat itu, progress kami baru 30%. Untuk menyelesaikan tugas itu, maka lembur adalah satu – satunya jalan keluar.

begadang dan bahaya

Memang pada akhirnya tugas tersebut berhasil dikumpulkan tepat waktu, meski untuk itu kami nyaris enggak tidur. Menjelang azan subuh, barulah kami dapat merebahkan diri. Dan jam 7, sudah harus kembali ke kampus untuk kuliah lagi. Ajaib, tidur kurang dari 3 jam untuk kemudian menembus ujian lagi.

Anyway kalau ngomongin soal begadang dan tidak tidur itu, sebenernya sudah diperingatin sama om Rhoma Irama, kalau begadang itu gak dianjurkan, kecuali ada kepentingan. Dan memang benar banget, karena pada malam hari itu adalah waktunya tubuh beristirahat. Malam hari adalah saat dimana tubuh melakukan detoksifikasi (membuang racun) dari tiap – tiap organ dalam tubuh seperti pankreas, hati, empedu dan lainnya. Jadi kalau kita tidak tidur, maka racun badan itu tidak dibuang secara optimal.

Dan hal paling penting terkait dengan begadang adalah mandi pagi. Banyak orang yang kurang perduli dengan hal ini, mereka dengan cuek saja mengguyur tubuh meski semalaman tidak tidur. Dan ternyata, hal itu sangat tidak dianjurkan. Bukan cuma tidak dianjurkan, mandi setelah begadang malah bisa dibilang berbahaya. Karena berdasarkan ilmu kedokteran, hal ini dapat menyebabkan tubuh merasa lemas setelah mandi dan rasa ingin rebahan yang begitu kuat. Dan kemudian meninggal dunia seketika.

Kalau orang tua kita, pasti enggak asing dengan menyebut hal tersebut dengan nama angin duduk. Tapi secara logika kesehatan, hal itu dikarenakan tubuh yang masih dalam suhu panas karena tidak tidur, diguyur dengan air yang dingin. Sehingga tubuh memasuki posisi yang kurang stabil. Contoh sederhana, pernah melihat bagaimana gelas yang dingin diisi dengan air yang panas kan?

Maka dari itu, begadang sangat tidak disarankan. Apalagi setelah itu kita memaksa diri untuk mandi. Namun kalau terpaksa, dan seringnya saya terpaksa, maka saya punya tips, yaitu mandi dengan cara bertahap. Jadi caranya adalah dengan menyiram tubuh mulai dari kaki, kemudian naik ke lutut, paha, perut dan terus keatas. Tujuannya adalah agar tubuh beradaptasi dulu dengan perbedaan suhu.

Tapi itu cuma tips dalam keadaan kepepet. Sekali lagi, mandi setelah begadang sangatlah tidak dianjurkan. Istirahatkan tubuh sejenak, baru kemudian mandi. Demi kebaikan kita sendiri.

Related Articles

2 thoughts on “Begadang dan Mandi Pagi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *