Badan Sering Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya!!!

Untuk kategori cowok di usia matang (baca : sudah tua), mungkin bisa dibilang kalau aktifitas sehari-hari yang saya jalani sangat tidak memakan energi. Kuliah cuma seminggu sekali, di kos kebanyakan cuma guling-guling dan main laptop, makan ya rutin kalau pas laper aja. Sisanya, ya cuma bersantai saja. Dengan aktifitas yang kebanyakan terbilang ringan itu, herannya justru saya lebih sering merasa lemas, lelah dan seperti tidak bertenaga.

Biasanya ketika saya merasa lemas atau kurang bertenaga, saya akan langsung memvonis kalau saya kurang tidur. Padahal kalau dipikir, saya terbiasa tidur malam sedikitnya 6 jam. Itu juga kalau enggak bablas sampai siang. Dengan kondisi tersebut, rasanya kurang tidur atau istirahat juga bukan alasan yang tepat sebagai penyebab badan lemas.

Setelah browsing kesana-kesini dan tanya-tanya teman yang menurut saya selalu terlihat bugar, saya menemukan beberapa kemungkinan yang menyebabkan badan sering terasa lemas. Dan dari artikel serta masukan teman-teman itu juga, saya mendapatkan tips agar badan terasa lebih segar, bersemangat dan bertenaga untuk beraktifitas.

penyebab badan sering lemas

Jarang Olahraga / Aktifitas Fisik
Selama ini saya berfikir olahraga justru akan membuat semakin membutuhkan banyak energi, akibatnya tubuh akan semakin lebih cepat terasa lemas dan kehabisan tenaga. Dan ternyata hal itu benar-benar salah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa olahraga rutin sedikitnya 20 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu akan membuat tubuh lebih bugar dan bersemangat. Olahraga dan aktifitas fisik juga akan membuat sistem kardiovaskuler tubuh menjadi lebih baik. Dengan cara ini, maka suplai oksigen dan nutrisi dalam jaringan tubuh akan menjadi lebih baik. Efeknya, tubuh jadi terasa lebih segar, bertenaga dan bersemangat. Yah, setidaknya itu yang saya baca dan saya dengar dari teman-teman.

Tapi saya harus mengakui kalau saya memang sudah lama tidak berolahraga. Beberapa penyebabnya adalah lingkungan kos yang membuat saya ragu untuk lari pagi subuh-subuh di pinggir jalan utama. Untuk itu dalam waktu dekat mungkin saya akan coba untuk rutin lari pagi lagi di area kampus.

Dehidrasi
Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan, atau sederhananya kurang minum. Dengan kondisi ini, tekanan darah akan turun dan menyebabkan darah menjadi lebih pekat. Akibatnya, kinerja jantung yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh juga menjadi terganggu.

Untuk yang satu ini, mungkin lagi-lagi mereka benar. Kondisi kota Surabaya menurut saya cukup panas dan terik. Dengan kondisi tersebut, kebiasaan saya untuk malas minum air putih mungkin berakibat dehidrasi ringan untuk diri saya sendiri. Oke, saya harus merubah kebiasaan ini dan mengejar target minum air putih 8 gelas perhari.

Langganan Junk Food
Junk food pada umumnya didominasi kandungan gula yang tinggi dan karbohidrat sederhana. Makanan dengan kandungan ini terbukti dapat dengan mudah meningkatkan kadar gula darah karena indeks glikemik yang tinggi. Peningkatan gula darah inilah yang kemudian dapat dengan mudah menyebabkan kelelahan. Untuk jangka panjang, hal ini justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan!

Nah, untuk yang satu ini saya benar-benar enggak bisa komentar. Memang sedikitnya saya satu kali dalam seminggu berkunjung ke restoran cepat saji. Dari tips yang diberikan teman saya, ada baiknya untuk mulai menjaga kadar gula stabil dengan memilih-milih makanan dengan kandungan protein tinggi serta karbohidrat kompleks. Contohnya adalah ayam yang dipanggang, ikan salmon, beras merah dan juga salad buah atau buah segar. Err…itu kenapa makanan mahal semua?

Beberapa Kebiasaan Buruk
Selain dari hal-hal diatas, ternyata kebiasaan dan rutinitas sehari-hari saya dikritik oleh teman yang rajin olahraga dan memperhatikan asupan nutrisi itu. Beberapa kebiasaan buruk saya yang menjadi penyebab badan sering merasa lemas diantaranya begadang, tidur dekat dengan hape, malas sarapan dan sering merasa cemas. Nah untuk yang terakhir ini, katanya sih, kalau kita merasa cemas akan suatu hal yang tidak pasti, maka tubuh akan langsung menjadi lemas karena terpengaruh mental yang terlebih dahulu menjadi lemah!

Dengan sederet gaya hidup yang kurang sehat tersebut, rasanya saya jadi bisa koreksi diri kenapa badan ini sering banget lemas dan malas diajak bergerak. Semoga nanti saya bisa merubah semua kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut!


Tulisan Lainnya

Pemadaman Bergilir PLN, Sampai Kapan Nih? Listrik mungkin bisa dibilang sebagai kebutuhan primer untuk mayoritas orang saat ini. Bagaimana tidak, hampir semua kegiatan kita sekarang ini membut...
Waktunya Untuk Mulai Belajar Menabung Lagi Menabung untuk masa depan. Mungkin itu kalimat yang sudah sering kita dengar, bahkan dari kecil. Kalau jaman saya anak-anak, sangat ditekankan untuk m...
Pengalaman Servis Sepatu Di Stop N Go Transmart Ce... Sepatu formal, pantofel atau sepatu kerja jenis lainnya adalah item yang penting ketika kita mulai aktif lagi di kantor. Setelah 3,5 tahun kuliah dan ...
Meriahnya Surabaya Toys, Games & Comics Expo ... Untuk pecinta mainan, games dan juga komik pasti suka banget dengan acara sejenis Toys Fair atau Comic Fairs. Apalagi kalau event skala besar seperti ...

3 Comments

    • iKurniawan

Leave a Reply