Alasan Kenapa Pilih WordPress Sebagai Platform Blog

Mungkin kita sering mendengar pertanyaan, kenapa memilih WordPress sebagai platform blog? Kenapa enggak pakai blogger saja, kan lebih enak karena dikelola Google. Dan pertanyaan sejenisnya itu. Kali ini, saya mau membuat sedikit tulisan alasan kenapa saya lebih memilih untuk menggunakan WordPress.

Sebelum menggunakan WordPress, saya sebenarnya memiliki blog dengan platform Blogger. Blog itu sendiri sudah saya gunakan sekitar 4 atau 5 tahun dan reputasinya kalau melihat angka-angka (alexa dan PR), sudah cukup baik. Bahkan ketika saya bergabung dengan idblognetwork, blog saya beberapa kali mendapatkan tugas Pay Per Post. Jadi dari segi monetize, blog saya yang masih menggunakan domain blogspot.com itu sebenarnya tidak ada masalah.

Masalahnya adalah karena kustomisasi yang saya lakukan rupanya mulai merusak struktur code di theme. Akibatnya, blog tersebut tidak bisa lagi di share ke sosial media, karena selalu muncul error. Facebook bahkan selalu memunculkan notifikasi spam setiap saya share postingan ke timeline. Padahal, tugas-tugas yang diberikan oleh advertiser mewajibkan untuk men-share postingan ke media sosial. Dari sini kemudian saya mulai membangun blog iKurniawan.com ini, dan perlahan-lahan meninggalkan blogspot.

alasan pakai wordpress

Platform blog iKurniawan ini jelas menggunakan wordpress. Hanya saja perlu diketahui, WordPress sendiri ada dua jenis. Yang pertama adalah WordPress.com, dan yang kedua adalah wordpress.org atau self hosting seperti yang saya pakai. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu-persatu.

Apa Itu WordPress.com
Wordpress.com adalah platform yang penggunaannya kurang lebih sama dengan blogger atau blogspot. Kamu bisa membuat sebuah blog dengan domain blablabla.wordpress.com atau juga menggunakan custom domain menjadi blablabla.com. Dengan platform ini, kamu bisa membuat blog tanpa harus diribetkan dengan biaya hosting, instal CMS dan lainnya. Intinya sih, kamu tinggal daftar dan pakai saja.

Keunggulan dari WordPress.com ini yang pertama jelas GRATIS. Kamu bisa membuat blog tanpa harus keluar biaya apapun. Kecuali kalau kamu memutuskan untuk menggunakan custom domain. Selain itu, WordPress.com ini juga menyediakan banyak pilihan theme dan plugin untuk memudahkan kamu mendapatkan tampilan blog yang kamu mau. (baca : plugin related post untuk WordPress)

Tapi sebagai platform gratis, WordPress.com buat saya ada kelemahannya juga. Salah satunya adalah peraturan kustomisasi yang sedikit kaku. Dulu, tidak semua plugin dan theme bisa diinstal di platform ini. Selain itu, WordPress.com juga tidak memperbolehkan blog di domain mereka memasang script atau banner iklan. Intinya, akan terasa sulit ketika kamu mau melakukan monetize blog.

Apa Itu WordPress.org atau Self-Hosting
Wordpress.org sebenarnya sama-sama saja dengan wordpress.com. Namun di sini kamu menggunakan WordPress dengan hosting dan domain sendiri. Kalau bahasa yang expert, kamu hanya menggunakan content management system (CMS) WordPress saja. Jadi secara default, fungsi dan tampilan tidak berbeda.

Keunggulan dari wordpress self-hosting ini adalah kemudahan dalam melakukan customisasi. Sama seperti WordPress.com, kamu enggak perlu harus bisa jago coding untuk rubah-rubah tampilan dan menambah fitur di blog. Tinggal install theme dan plugin yang dibutuhkan, maka kamu sudah bisa mendapatkan tampilan dan fitur yang kamu mau.

Karena kamu menggunakan domain dan hosting sendiri, maka WordPress juga tidak memberikan batasan apapun terkait pengembangan blog kamu. Kamu bisa pasang theme dan plugin apapun, merubah script yang ada dan tentu saja bebas pasang iklan atau banner. Karena alasan-alasan inilah makanya saya lebih memilih menggunakan wordpress self-host ketimbang wordpress.com atau juga blogger.

Tapi untuk beberapa orang, platform cms wordpress ini juga ada kelemahannya. Mungkin tiap orang berbeda-beda berdasarkan pengalaman penggunaan juga. Tapi yang jelas ada biaya yang harus dikeluarkan kalau kamu mau pakai wordpress self-hosting ini. Setidaknya, kamu perlu biaya sewa domain dan hosting. Hal ini yang mungkin perlu kamu pertimbangkan kalau mau menggunakan platform ini.

Nah, itu sedikit pandangan saya tentang alasan kenapa pilih wordpress, khususnya yang self-hosting sebagai platform blog iKurniawan ini. Mungkin banyak yang kurang, mungkin juga ada pemahaman yang keliru. Jadi jangan ragu untuk kasih komentar di bawa postingan ini ya. Anyway, kalau kamu sendiri, pakai platform apa dan kenapa?

Tulisan Lainnya

Plugins Related Posts Terbaik Untuk Blog Gado-Gado Salah satu alasan saya memilih wordpress self-hosting sebagai platform blog iKurniawan ini adalah karena mudahnya melakukan kustomisasi. Kalau pakai b...
Gambar Ilustrasi Untuk Blog, Cari Dimana Yah? Kata para sepuh blogger, yang namanya bikin tulisan di blog itu kurang lengkap kalau enggak disertakan gambar ilustrasi. Gambar ini fungsinya kurang...
Cara Mencari Keyword Yang Banyak Dicari Di Google Tips Blogger : Kata sesepuh-sesepuh blogger, dalam dunia blog dikenal dengan istilah "content is a king". Artinya adalah artikel atau postingan yang k...
Cara Membeli Hosting di HawkHost Membeli hosting terbaik, atau lebih tepatnya menyewa jasa penyedia jasa hosting terbaik tentu menjadi pilihan untuk blogger yang ingin memiliki layana...

3 Comments

  1. Muhammad Rizky

Leave a Reply