5 Strategi Dasar Wajib Dikuasai dalam Bisnis Online

Siapa yang tidak mengakses internet hari ini ? Hampir tidak ada. Hampir semua orang mengakses internet di Indonesia. Bagaimana strategi melakukan pemasaran online yang efektif dan efisien ?

Diperkirakan 90 juta orang mengakses internet di Indonesia. Jumlah ini tidak akan berhenti dan bahkan terus meningkat.

Karena itu, setiap bisnis wajib punya pemasaran online supaya bisa mengkapitalisasi trend penggunaan internet ini. Sayang sekali jika bisnis atau perusahaan Anda tidak memiliki eksistensi di online.

Apa kata dunia!

Namun membangun strategi pemasaran online tidak sama dengan offline. Ini bukan meng-copy apa yang sudah jalan di offline ke online. sama sekali bukan.

Butuh strategi yang berbeda di online.

Apa yang perlu dipahami ?

Tips Memulai Bisnis Online

ilustrasi : dvasquez.co

#1 Bangun Strategi Konten
Konten adalah raja. Simpelnya orang bekunjung karena konten.

Kenyataan ini semakin benar, seiring dengan makin canggihnya mesin pencari dalam mengidentifikasi konten yang bagus dan yang tidak bagus.

Sejumlah penelitian menunjukkan pentingnya punya konten yang bagus untuk situs Anda:

  • Publikasi 15 konten per bulan menghasilakn 5 pengunjung lebih banyak (Hubspot, 2012)
  • 70% konsumen memilih mengenal perusahaan lewat artikel daripada iklan (Content+, 2013)

 

Tujuan Anda adalah membangun konten terbaik yang bisa menarik pengunjung, membuat  mereka setia dan kembali lagi ke situs.

Prinsip dalam membangun konten terbaik adalah:

  • Pahami pengunjung atau target segmen. Apa yang mereka cari, dan demografi mereka. Berikan konten yang mereka butuhkan.
  • Fokus pada konten yang berkualitas baik. Jangan copy paste. Bukan hanya itu konten basi, tetapi copy paste membuat nilai Anda anjlok dimata mesin pencari yang bisa menyebabkan situs kena pinalti.
  • Lakukan upaya membangun konten sebagai strategi jangka panjang yang membutuhkan komitmen dan sumberdaya secara konsisten. Jangan mengharapkan hasil dalam jangka pendek.

 

Dalam membangun konten, perlu memperhatikan ‘Keyword’. Apa itu Keyword ?

Sebelum itu, perlu diketahui bawah 80pct orang yang berselancar di internet memanfaatkan search engine. Karena itu, keberadaan konten yang dibuat di mata search engine menjadi penting.

Yang perlu diketahui bahwa proses pencarian di mesin pencari menggunakan keyword (kata kunci). Misalnya, pengguna menggunakan kata kunci ‘bisnis online’ ketika mencari informasi mengenai jenis usaha ini.

Dalam membangun konten harus memasukkan unsur kata kunci tersebut. Supaya isi konten selaras dengan hal yang dicari oleh target pasar atau pelanggan.

Oleh sebab itu, pebisnis online harus memahami ‘kata kunci’ yang digunakan oleh pengunjung atau target market mereka.

Apa yang menjadi kata kunci di usaha atau bisnis mereka ?

Kemudian, perlu mengkaji kata kunci apa yang penting dalam usaha ini namun belum banyak persaingannya. Artinya, belum banyak situs sejenis yang mentarget kata kunci.

Untuk memahami kata kunci dengan baik, pebisnis perlu paham target pasarnya. Apa yang mereka cari, istilah yang mereka pakai.

#2 Pahami Channel Pemasaran Online
Ada banyak channel pemasaran online. Beberapa channel online yang penting adalah:

  • Blog Marketing. Anda mempromosikan melalui blogging , baik blog sendiri mapupun menggunakan blogger untuk menulis review produk serta memasang link ke situs Anda.
  • Display Advertising. Meletakkan banner di situs populer yang banyak dikunjungi.
  • Afilliate Marketing. Memanfaatkan afiliasi atau perantara untuk mempromosikan produk atau jasa anda dengan memberikan imbalan komisi.
  • Search Engine Marketing. Promosi situs dilakukan melalui mesin pencari sesuai dengan keyword yang ditargetkan.

 

Anda perlu mempelajarinya dan memikirikan channel mana yang paling cocok dengan kondisi Anda.

Cocok tersebut dilihat dari sisi produk, budget dan strategi. Suatu channel yang heboh buat orang lain belum tentu cocok untuk produk Anda.

#3 Gunakan Sosial Media
Jutaan orang mengakses social media. Indonesia adalah negara dengan pengguna Facebook terbesar dan twitter terbanyak.

Produk perlu eksis di Sosial Media. Misalnya, membuat Facebook Fanpage atau Twitter.

Setelah membuat, langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah mem-maintain social media tersebut dengan baik. Karena jika dibiarkan, tanpa pernah diurus, hasilnya akan buruk.

Yang perlu diperhatikan adalah sosial media itu bersifat ‘bebas’. Komunikasinya benar-benar dua arah antara penjual dan pelanggan. Karena itu, baik informasi positif maupun negatif, bebas berkeliaran.

Perlu membangun strategi bagaimana memanfaatkan sosial media. Jangan sampai tanpa strategi sehingga tidak punya arah yang jelas untuk apa dan bagaimana bermain di sosial media.

#4 Monitor dan Manfaatkan Analytic
Salah satu kekuatan online adalah everything is trackable ! Semuanya bisa dimonitor dan dilihat perkembangannya.

Setiap strategi perlu dimonitor hasilnya dan dilakukan perbaikan secara terus menerus. Ini bukan hal yang unik di online. Dalam offline pun, para pebisnis melakukan ini.

Namun, dalam bisnis online, monitoring dan analisa menjadi semakin penting karena hampir semua aktivitas bisa dimonitor dan itu artinya bisa dianalisa.

Tracking itu adalah salah satu keunggulan di online. Anda bisa segera melihat dampaknya secara cepat.

Karena itu dalam setiap strategi, upayakan membuat tracking-nya. Hasil tracking ini yang nanti dijadikan bahan untuk mengkaji apakah suatu strategi efektif atau tidak.

#5 Desain User Experience
Salah satu hal yang sering dilupakan adalah bagaimana calon pelanggan berinteraksi dengan situs Anda.

User experience adalah hal utama yang perlu dipikirkan oleh setiap pemasar online.

Bagaimana pengalaman mereka membeli di situs, apakah mereka kesulitan atau tidak. Bagaimana jika mereka ingin menghubungi atau menanyakan mengenai produk yang Anda jual.

Ini adalah hal – hal yang wajib diperhatikan ketika membuat pemasaran online.

Pastikan ketika membuat apapun memikirkan dari kacamata pelanggan atau customer Anda.

Kesimpulan
Anda harus punya strategi pemasaran online. itu bukan pertanyaan tetapi pernyataan buat para pebisnis.

Tidak ada pilihan. Terlalu sayang melepaskan besarnya potensi masyarakat yang mengakses internet.

Tapi ingat, strategi pemasaran online memiliki rule of the game sendiri. Rule yang berbeda dari offline.

Kelima tips diatas semoga bisa menjadi langkah sangat awal buat Anda menemukan strategi tersebut.

Artikel Tamu dari Rio Q, pengelola blog Duwitmu |Mengelola Keuangan Keluarga

Tulisan Lainnya

Apa Salahnya Melahirkan Dengan Operasi Caesar? Meski bukan sebuah hal baru, tapi belakangan saya makin sering mendengar pro dan kontra cara melahirkan. Seringnya, saya mendengar hal yang lebih sepe...
Ujian Nasional Penentu Masa Depan? Pemerintah sepertinya benar - benar serius memperhatikan masalah Ujian Nasional di Indonesia. Ujian Nasional memang jadi ujian akhir yang harus dilewa...
Waktunya Untuk Mulai Belajar Menabung Lagi Menabung untuk masa depan. Mungkin itu kalimat yang sudah sering kita dengar, bahkan dari kecil. Kalau jaman saya anak-anak, sangat ditekankan untuk m...
Sudah Tua Kok Masih Main Game? Kamu pasti pernah mendengar, atau bahkan melontarkan pertanyaan sejenis ini. Sudah tua dewasa kok masih main game? Kayak anak-anak aja! Saya sendiri ...

2 Comments

Leave a Reply

badge