3 Investasi Berprospek Tinggi di Tahun 2016

Investasi Terbaik 2016 – Saya sudah cukup sering mendengar dan mendapatkan saran untuk melakukan investasi. Karena berbeda dengan menabung, Investasi adalah hal yang sangat bermanfaat khususnya untuk jangka panjang. Masalahnya, terkadang saya masih bingung ingin melakukan investasi di bidang apa. Dan untuk menambah pengetahuan, kali ini ada artikel dari AturDuit Indonesia tentang investasi dengan prospek tinggi pada tahun 2016 yang hampir habis ini. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan kalau kamu mau berinvestasi di 2017 nanti!

Menutupi tahun 2016, di Indonesia tercatat beberapa pilihan investasi yang memiliki potential menguntungkan dan performa tinggi. Berdasarkan pendapat dari beberapa pakar dan ahli ekonomi, perekonomian untuk tahun ini cenderung positif mengakibatkan instrument investasi tertentu tetap menghasilkan keuntungan yang cukup signifikan. Berikut beberapa pilihan dari investasi yang berpotensi dan menguntungan di 2016:

rekomendasi investasi properti 2017
ilustrasi : makaan.com

1. Investasi Properti
Berdasarkan pendapat dari CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo, prospek investasi properti di Indonesia masih sangat menjanjikan sebab perbaikan ekonomi di tahun ini. Dengan menginvestasikan lebih dari USD1 miliar di group properti yang dipimpinnya, Hary Tanoesoedibjo menyatakan kepercayaan terhadap sektor properti. Harga properti baru tahun ini cenderung stagnan dan menurun, hal ini membuat peluang investasi untuk masa depan lebih membesar. Dengan harga yang turun, masyarakat memiliki daya beli yang tinggi untuk investasi properti.

Investasi properti cenderung memiliki peningkatan harga seiring dengan waktu di kemudian hari. Boleh dikatakan sangat jarang harga properti menurun dari tahun ke tahun, kecuali untuk beberapa faktor signifikan seperti perkembangan lokasi, krisis ekonomi secara global, jumlah rumah di pasaran terlalu banyak sehingga menyebabkan harga rumah menurun. Jadi dengan logika beli rumah harga murah dan jual harga tinggi, dan selama tidak ada perubahan singnifikan di bunga KPR, maka Anda dapat menikmati keuntungan dari investasi properti.

Melakukan investasi di apartemen dan rumah tapak di bawah Rp 1 milyar merupakan pilihan aman dan menguntungkan. Di kedua kategori ini, daya beli masyarakat menunjukan grafik positif. Faktor lain yang mendukung dari prospek cerah investasi properti adalah kebijakan pemerintah untuk meningkatkan sektor properti dan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah juga meningkatkan alokasi dana infrastruktur serta meningkatkan fasilitas transportasi antar daerah.

rekomendasi investasi reksadana 2017

2. Investasi Reksadana
Menduduki posisi kedua dari investasi yang berpotensi menguntungkan di tahun 2016 tidak lain adalah reksadana. Alasan utama yang mendukung fakta ini terletak pada suku bunga BI Rate yang mengalami penurunan. Maka dengan terjadinya penurunan ini, hasil investasi pasar modal akan menjadi positif.

Pada periode ini, reksadana yang menonjol terletak pada reksadana saham. Setelah melewati berbagai krisis ekonomi yang paling parah di tahun 2008 dan sebelumnya di 1998, investasi saham masih termasuk salah satu yang menguntungkan di jangka panjang. Berdasarkan hasil riset, performa reksadana saham mencatat prosppek return sekitar -10% hingga 15% di tahun ini. Jadi boleh dikatakan keuntungan reksadana saham diperkirakan akan terasa di atas 3 tahun kedepan.

Untuk memulai investasi di reksadana, pastikan Anda mempelajari portfolio manager investasi tersebut. Karena semua jenis transaksi dan keuntungan dari investasi Anda akan tergantung pada manager investasi Anda. Mereka yang bertindak sebagai pemantau, analisa data dan memberikan saran keputusan kepada jumlah dana investasi Anda. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih manager yang profesional dan berpengalaman.

investasi emas di 2017

3. Investasi Emas
Investasi emas termasuk salah satu investasi menguntungkan di tahun 2016. Dengan kenaikan suku bunga The Fed, maka mata uang dollar menguat terhadap mata uang lain dan menyebabkan harga emas dunia turun. Di saat harga emas turun inilah, saat yang tepat untuk membeli emas dan menyimpannya sebagai investasi dan kemudian menjualnya ketika harga emas memulih atau tinggi.

Berdasarkan pendapat dari analis, permintaan untuk logam kuning diperkirakan untuk tahun kedepanya dan penawaran diperkirakan menurun. Oleh sebab itu, emas merupakan salah satu pilihan investasi yang terjamin untuk diperoleh di saat ini. Karena dengan tingginya permintaan dan rendahnya penawaran akan membuat harga emas meningkat di tahun depan.

Berdasarkan dari detik finance, harga emas tahun ini terlihat fluktuatif, dimana pergerakan akhir pekan, emas naik ke US$ 1.174 per ons karena data payroll dan unemployment rate. Di semester pertama, investasi emas memberi catatan baik karena berpeluang cukup bagus dari segi transaksi dan harga emas. Dan di semester kedua, transaksi masih baik meskipun sedikit berkurang ketimbang semester awal.

Investasi berisiko rendah seperti emas ini akan sangat aman dan potensial di tahun 2016. Pasalnya, investasi emas mumpuni menangkal turbulensi di tahun ini dengan porsi 70 % rendah risiko. Emas dijadikan salah satu tempat teraman di saat kondisi ekonomi tidak stabil.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *